Liga Indonesia

Danilo Sekulic, Jebolan Liga Champions Target Barito Putera Selain Bruno Matos

Minggu, 26 Januari 2020 12:33 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Lanjar Wiratri
© Grafis:Ynt/Indosport.com
Danilo Sekulic dikabarkan akan bergabung ke Barito Putera. Foto: fudbal.hotsport.rs Copyright: © Grafis:Ynt/Indosport.com
Danilo Sekulic dikabarkan akan bergabung ke Barito Putera. Foto: fudbal.hotsport.rs

INDOSPORT.COM - Danilo Sekulic menjadi pemain incaran klub Liga 1 2020 Barito Putera andai mereka gagal dapatkan Bruno Matos. Berikut 3 faktanya.

Klub Liga 1 2020 asal Kalimantan, Barito Putera terus bergerak menambah kekuatannya dengan mencoba mendatangkan pemain asing.

Setelah disebut-sebut menginginkan eks Persija Jakarta, Bruno Matos. Klub asal Banjarmasin itu kini juga dihubungkan dengan pemain asal Serbia, Danilo Sekulic. Sekulic disebut telah didekati Barito Putera sebagai alternatif jika Bruno Matos gagal merapat ke Banjarmasin.

Memiliki rekam jejak bermain di kompetisi elite Eropa seperti Liga Champions dan Liga Europa, Danilo Sekulic memang belum pernah menjejakan kaki di sepak bola Indonesia.

Maka dari itu, untuk lebih mengenal siapa sosok Danilo Sekulic, berikut INDOSPORT rangkumkan singkat sosok yang pernah meraih gelar juara Piala Armenia bersama Alashkert tersebut dalam 3 fakta.

Jejak Karier

Lahir di Serbia 18 April 1990, Danilo Sekulic banyak menghabiskan karier di sepak bola Eropa Timur. Awal kariernya bermula di klub Serbia Vojvodina II pada tahun 2008. Sempat dipinjamkan ke klub Serbia lainnya Proleter, Danilo Sekulic kemudian berpindah ke Hadjuk 1912, Vozdovac dan Novi Sad, yang juag bermain di Liga Serbia.

Baru di tahun 2016 dirinya hijrah ke klub Raksasa Hungaria Debrecen. Kembali sempat merasakan peminjaman ke klub Armenia Alashkert, Danilo Sekulic akhirnya meninggalkan Debrecen ke klub Serbia Mladost awal musim ini.

Posisi Bermain

Sama seperti Bruno Matos, Danilo Sekulic adalah pemain yang berposisi sebagai gelandang. Meski bisa juga ditempatkan sebagai playmaker, posisi Danilo Sekulic sebenarnya lebih sebagai gelandang tengah atau CMF.

Selain di dua posisi tersebut, Danilo Sekulic juga bisa ditempatkan sebagai gelandang bertahan, bek tengah, bahkan sebagai winger kanan atau sayap kanan.

Jika melihat data yang ada di transfermarkt, kesempatan bermain Danilo Sekulic di tiga posisi lapangan tengah, cukup berimbang. Dimana dirinya 43 kali bermain sebagai CMF dan playmaker, dan 42 kali menjadi gelandang bertahan (DMF).

Liga Champions

Sebagai pemain yang malang melintang di kasta tertinggi sepak bola Serbia, Armenia dan Hungaria Danilo Sekulic memiliki pengalaman untuk tampil di kompetisi level Eropa seperti Liga Europa dan Liga Champions.

Pengalaman itu berawal kala Danilo Sekulic memperkuat Novi Sad. Dirinya sempat merasakan kualifikasi Liga Europa 2015/16, meski kandas sebelum menembus babak utama.

Begitupun setelah hijrah ke Debrecen, sempat bermain di kualifikasi Liga Europa sebanyak tiga kali, Danilo Sekulic kembali gagal membawa timnya tembus babak utama.

Sementara saat pindah ke klub Armenia Alashkert, Danilo Sekulic naik kelas bisa mencicipi kualifikasi Liga Champions 2018/19 meski gagal dan membuatnya kembali merasakan kualifikasi Liga Europa di tahun yang sama dan gagal tembus babak utama.

Di musim ini, sebelum pindah ke Mladost, Danilo Sekulic  juga sempat bermain bersama Alashkert kualifikasi Liga Europa 2019/20, yang lagi-lagi berujung kegagalan.

Meksi belakangan ini dirumorkan ke klub Liga 1 2020 Barito Putera, Alashkert sebenarnya masih terikat kontrak dengan Mladost hingga Juni 2020.