In-depth

Diincar Barito Putera, Lebih Layak Bruno Matos atau Danilo Sekulic?

Minggu, 26 Januari 2020 16:10 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Grafis:Ynt/Indosport.com
Diincar Barito Putera, lebih layak Bruno Matos atau Danilo Sekulic. Copyright: © Grafis:Ynt/Indosport.com
Diincar Barito Putera, lebih layak Bruno Matos atau Danilo Sekulic.

INDOSPORT.COMBarito Putera tengah mengincar amunisi baru untuk menggantikan peran krusial Rafael Silva di Liga 1 2020 mendatang.

Ada dua nama pemain asing yang muncul sebagai target Barito Putera pada bursa transfer Liga 1 2020, yakni Bruno Matos dan Danilo Sekulic.

Barito Putera lebih dulu dikaitkan dengan mantan gelandang Persija Jakarta Bruno Matos. Rumor itu bahkan dibenarkan langsung oleh manajer Barito Putera, Mundari Karya.

“Sampai sekarang kita menjalin komunikasi intens dengan Bruno Matos. Memang dari awal kita berburu pemain, nama dia menjadi target utama kami,” ujarnya dikutip dari situs resmi klub.

Keberanian Barito Putera untuk mendekati Bruno Matos ini tak terlepas dari status tanpa klub yang dimiliki sang gelandang. Itu terjadi ketika Bhayangkara FC tak menyodorkan kontrak baru.

Situasi ini yang akhirnya membuat Barito Putera bergerak cepat untuk mendapatkan tanda tangan gelandang serang berkebangsaan Brasil tersebut.

Namun Barito Putera harus bersaing dengan klub Liga 1 lainnya dalam perburuan jasa Bruno Matos. Mengingat, Persib Bandung juga dikabarkan serius merekrut Bruno Matos.

Kemudian, Barito Putera mulai berandai-andai jika gagal mendatangkan Bruno Matos, manajemen sudah menyiapkan opsi lainnya untuk mengisi slot pemain asing.

Opsi lainnya jatuh kepada gelandang Serbia, yakni Danilo Sekulic. Nama Danilo Sekulic sendiri merupakan rekomendasi dari CEO Barito Putera, Hasnuryadi Sulaiman.

“Yang mengusulkan dan menginformasikan nama itu adalah Pak Hasnur. Kalau dilihat dari video yang kita dapat, pemainnya bagus dalam visi bermain,” ujar manajer Barito Putera, Mundari Karya kepada awak redaksi berita olahraga INDOSPORT.

Lalu siapakah yang layak untuk mengisi peran krusial di Barito Putera, Bruno Matos atau Danilo Sekulic? INDOSPORT pun mencoba untuk menyajikan statistik kedua pemain tersebut.

Perbandingan Bruno Matos dan Danilo Sekulic

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Bruno Matos berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Kalteng Putra. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTBruno Matos berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Kalteng Putra.

Jika melihat penampilannya di musim lalu, performa Bruno Matos terbilang cukup baik. Dirinya menjadi salah satu andalan Bhayangkara dalam menjalani paruh kedua Liga 1 2019.

Menurut laporan situs Transfermarkt, Bruno Matos mampu mengemas 9 gol dan 2 assists dari 17 pertandingan di Liga 1 2019 lalu. Torehan ini sangat apik untuk seorang gelandang serang.

Jumlah gol Bruno Matos hanya kalah dari penyerang naturalisasi Herman Dzumafo (10 gol). Wajar, Bruno Matos baru memulai kompetisi pada paruh kedua.

Apabila Bruno Matos memainkan kompetisi Liga 1 2019 sejak awal musim, maka bukan tidak mungkin jika jumlah golnya akan jauh melampaui torehan Dzumafo.

Dengan pengalamannya bermain di kasta tertinggi sepak bola Indonesia, maka wajar jika Barito Putera berharap banyak pada Bruno Matos.

Sementara itu, Danilo Sekulic merupakan pemain yang berkarier di kasta teratas Liga Serbia, FK Mladost Lucani. Ia hanya memainkan 11 pertandingan pada musim 2019/20 ini.

Bermain 9 kali di Liga Serbia, gelandang yang saat ini berusia 29 tahun tersebut tak mampu mencetak satupun gol dan assist.

Akan tetapi, Sekulic punya pengalaman berharga di pentas Eropa, di mana dirinya mampu memberikan kontribusi di Kualifikasi Piala Europa 2019/20.

Itu terjadi ketika dirinya masih memperkuat klub asal Armenia, yakni Alashkert Yerevan. Ia mampu mencetak satu gol dan satu assist saat mengalahkan Makedonija dengan skor 3-1.

Situasi ini tentunya membuat Danilo Sekulic mendapatkan nilai lebih di mata sepak bola Indonesia. Artinya, Sekulic tak kalah apik dibandingkan dengan Bruno Matos.

Akan tetapi, cocok tidaknya Sekulic dan Bruno Matos baru akan terjawab jika salah satu mereka datang ke Barito Putera pada Liga 1 2020. Mari kita nantikan.