Liga Inggris

Dimiliki Orang Indonesia, Ini 3 Fakta Lawan Manchester United di Piala FA Tranmere Rovers

Minggu, 26 Januari 2020 10:29 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Grafis:Ynt/Indosport.com
Dimiliki orang Indonesia, 3 fakta calon lawan Manchester United di Piala FA Tranmere Rovers. Copyright: © Grafis:Ynt/Indosport.com
Dimiliki orang Indonesia, 3 fakta calon lawan Manchester United di Piala FA Tranmere Rovers.

INDOSPORT.COM - Tranmere Rovers akan menjadi lawan Manchester United di putaran keempat Piala FA 2019/20. Berikut faktanya.

Manchester United akan melanjutkan asa meraih gelar musim ini dengan bertandang ke markas Tranmere Rovers dalam pertandingan putaran keempat Piala FA 2019/20, malam nanti, Minggu (26/01/20).

Sebagai klub besar Liga Inggris, peluang Manchester United jelas terhitung besar. Sebab, jika dibandingkan mereka, Tranmere Rovers bukanlah klub yang punya cukup nama di sepak bola internasional.

Bahkan, meski punya hubungan dengan Indonesia, nama Tranmere Rovers pun masih cukup asing di publik sepak bola Tanah Air.

Berkaca pada hal itu, berikut INDOSPORT coba rangkumkan 3 fakta mengenai Tranmere Rovers. Salah satunya terkait saham yang dimiliki oleh perusahaan asal Indonesia.

Dimiliki Orang Indonesia

Seperti disebutkan di atas, Tranmere Rovers merupakan klub yang dimiliki oleh orang Indonesia, melalui perusahaan bernama Santini Group.

Santini Group adalah perusahaan asal Indonesia yang didirikan oleh pengusaha tanah air Sofjan Wanandi. Kini pengelolaannya digawangi oleh ketiga putra Sofjan Wanandi yakni Lukito, Emmanuel, dan Paulus.

Santini Group mulai mengambil sebagian saham Tranmere Rovers pada September tahun 2019 lalu. Seiring pengumuman yang diberikan Presiden klub Mark Pallios, Selasa (03/09/19), meski tak disebutkan secara jelas berapa persen saham Tranmere Rovers yang kini dimiliki oleh Santini Group.

Klub Sekota Liverpool

Jika selama ini hanya dikenal Liverpool dan Everton sebagai klub asal Merseyside, faktanya ada juga Tranmere Rovers.
Tranmere Rovers juga merupakan klub asal Merseyside yang tepatnya berlokasi di wilayah Birkenhead.

Bahkan, dibanding Liverpool, Tranmere Rovers memiliki usia yang lebih tua. Sebab, mereka berdiri pada tahun 1884, delapan tahun sebelum adanya Liverpool. 

Tetapi, kala itu belum dalam nama Tranmere Rovers, melainkan Belmont FC. Baru setahun berselang, nama Tranmere Rovers mereka gunakan hingga saat ini.

Tak seperti dua tim sekotanya yang lebih terkenal, Tranmere Rovers memang lebih banyak berkutat di divisi bawah Liga Inggris.

Musim ini, Tranmere Rovers bermain di kasta ketiga kompetisi sepak bola Inggris, League One, di mana mereka sekarang ada di peringkat ke-21 dari 23 klub yang berkompetisi di League One.

Prestasi Tertinggi

Bicara mengenai Tranmere Rovers yang lebih banyak berkutat di divisi bawah Liga Inggris, juga berpengaruh ke prestasi tertinggi mereka.

Paling jauh Tranmere Rovers hanya bisa menghuni peringkat empat Divisi Satu Liga Inggris, atau yang merupakan kasta kedua sepak bola Negeri Ratu Elizabeth itu pada musim 1992/93.

Selain itu, ada gelar juara yang mereka pernah raih di kasta ketiga Liga Inggris wilayah utara pada musim 1937/38 dan gelar juara playoff League One 1990/91.

Sedikit yang bisa dibanggakan oleh suporter Tranmere Rovers. Pada 1999/00, 2000/01 dan 2003/04, mereka bisa menembus hingga babak perempatfinal Piala FA.