Liga Indonesia

Datangnya Seto Nurdiyantoro, Pertanda PSIM Promosi ke Liga 1?

Rabu, 29 Januari 2020 15:34 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Dok PSIM
Seto Nurdiyantoro saat diperkenalkan menjadi pelatih PSIM Yogyakarta. Copyright: © Dok PSIM
Seto Nurdiyantoro saat diperkenalkan menjadi pelatih PSIM Yogyakarta.

INDOSPORT.COM - Seto Nurdiyantoro resmi diumumkan sebagai pelatih PSIM Yogyakarta. Datangnya Seto, apakah menjadi pertanda PSIM akan promosi ke Liga 1 musim depan? 

Teka-teki kemana Seto Nurdiyantoro akan berlabuh akhirnya terungkap. Setelah dihubungkan dengan jabatan di Timnas Indonesia, Seto ternyata justru kembali ke kompetisi Liga 2. 

Seto Nurdiyantoro resmi diperkenalkan oleh PSIM Yogyakarta sebagai pelatih baru untuk musim 2020 ini. Pengumuman tersebut diunggah akun instagram resmi PSIM Yogyakarta, Rabu (29/01/20). 

"Selamat bergabung (kembali), Seto Nurdiyantoro. PSIM mempercayakan kursi kepelatihan musim ini kepada Seto, yang merupakan salah satu aset sepakbola DIY," tulis akun resmi PSIM Yogyakarta. 

Sesuai kalimat tersebut, Seto Nurdiyantoro memang aset bagi dunia sepak bola Yogyakarta. Seto Nurdiyantoro menghabiskan sebagian kariernya di Yogyakarta baik sebagai pemain maupun pelatih. 

Seto Nurdiyantoro saat masih menjadi pesepak bola, sangat akrab dengan klub-klub asal Yogyakarta. Mulai dari PSS Sleman, PSIM Yogyakarta, hingga Persiba Bantul. 

Pengalaman Seto dan Target PSIM Yogyakarta

Keakraban Seto Nurdiyantoro dengan PSIM Yogyakarta tidak hanya terjalin saat Seto masih menjadi pemain saja. Saat Seto sudah menjadi seorang pelatih, PSIM Yogyakarta juga pernah menggunakan jasa Seto pada tahun 2013 lalu. 

Setelah meninggalkan PSIM Yogyakarta, Seto sempat melatih tm PON DI Yogyakarta sebelum akhirnya berlabuh ke PSS Sleman di tahun 2018 lalu. 

Tangan dingin Seto Nurdiyantoro berhasil membawa PSS Sleman menjadi juara Liga 2 2018 dan membuat Super Elang Jawa promosi ke Liga 1 2019. 

Sayangnya, Seto kemudian harus terdepak dari posisinya meski mampu membawa PSS Sleman promosi. Seto yang sedang menganggur akhirnya dilirik oleh PSIM Yogyakarta dan kemudian ditunjuk sebagai pelatih. 

Pengalaman Seto membawa PSS Sleman promosi ke Liga 1 tentu menjadi pertimbangan tersendiri. Apalagi, promosi ke Liga 1 sudah menjadi target PSIM sejak tahun 2019 lalu. 

Demi mencapai target promosi ke Liga 1, PSIM bahkan harus beberapa kali mengganti pelatihnya musim lalu. Mulai dari Vladimir Vujovic, Aji Santoso, dan Liestiadi bergantian melatih tim yang bermarkas di Stadion Mandala Krida itu.

Sayangnya, target promosi Liga 1 yang dicanangkan masih belum terwujud. Kini dengan hadirnya Seto yang memang sudah terbukti mampu membawa PSS promosi, harapan PSIM untuk promosi ke Liga 1 bisa saja terwujud di tahun 2020 ini.