Bola Internasional

Meski Sulit, Wonderkid Indonesia Merasa Tertantang Main di Liga India

Sabtu, 8 Februari 2020 17:57 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Meski merasa sulit beradapatasi khususnya dalam hal cuaca dan bahasa, salah satu wonderkid Indonesia ini merasa sangat tertantang ketika bermain di Liga India.

Adalah Muhammad Iqbal, pemain 19 tahun jebolan Vamos Indonesia tersebut resmi menjalani karier baru bersama tim Rajasthan FC yang tampil di kasta kedua Liga India musim depan.

Melansir dari laman media sosial Vamos Indonesia, diketahui jika tidak hanya Muhammad Iqbal memperkuat Rajasthan FC, melainkan ada Muhammad Naufal yang juga pemain asal Indonesia dan bergabung dengan tim tersebut.

Kedua pemain tersebut bahkan telah terbang ke India pada 22 Januari 2020 silam, keduanya juga telah berlatih dengan skuat Rajasthan FC dalam persiapan pertandingan pekan pertama dan kedua I-League Second Divisions.

Hampir seminggu lebih di India, Muhammad Iqbal membagikan cerita serta menjelaskan kesulitan dan perbedaan antara yang ia rasakan antara Liga Indonesia dan Liga India.

Menurut pemain yang berposisi sebagai gelandang serang tersebut, kompetisi di India sangatlah ketat dan dirinya pun masih harus bisa beradaptasi dengan cuaca serta bahasa.

"Pasti berbeda, di sini (India) benar-benar persaingannya ketat. Terus saya harus bener-bener adaptasi cuaca, karena di sini lagi musim dingin. Untuk lokasi dan tempat sepertinya berbeda sama di Indonesia, bahasa juga harus saya pelajari terus," ucap Muhammad Iqbal kepada INDOSPORT.

Meski mengalami kesulitan pada awal-awal kedatangannya di India, namun pemain yang pernah memperkuat Kalteng Putra tersebut merasa tertantang dan mengaku mendapat pengalaman lebih.

"Yahh ini buat pengalaman bagi saya, bermain di negara orang rasanya benar-benar beda banget, jadi tantangan banget buat diri sendiri," tambah Iqbal.

Sebagai informasi, Rajasthan FC merupakan klub sepak bola profesional dan akademi pertama yang berbasis di Jaipur, Rajasthan. Klub ini didirikan pada tahun 2018 dan berhasil tampil di ajang Hero Youth Leagues.