Liga Indonesia

Menanti Pemain Asing Terakhir Liga 1 2020, Akankah Berlabel Liga Europa?

Selasa, 11 Februari 2020 08:37 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© playmakerstats.com
Samir Ayass, calon pemain asing baru Persiraja Banda Aceh Copyright: © playmakerstats.com
Samir Ayass, calon pemain asing baru Persiraja Banda Aceh

INDOSPORT.COM - Setelah Persib Bandung memperkenalkan dua pemain baru, hampir seluruh klub Liga 1 2020 telah melengkapi kuota pemain asingnya. Praktis kini hanya meninggalkan Persiraja Banda Aceh.

Semakin mendekati kick off Liga 1 2020, geliat klub di bursa transfer pun semakin mendekati titik akhir. Bahkan untuk urusan mendatangkan pemain asing, hampir semua klub sudah bisa santai, setelah kuota empat pemain telah bisa mereka penuhi.

Hal tersebut tak lepas dari kepastian klub Persib Bandung yang akhirnya mengikat kontrak dua pemain yang sebelumnya menjalani trial, Wander Luiz dan Geoffrey Castillion.

Dengan kedatangan Wander Luiz dan Geoffrey Castillion, Persib Bandung kini telah memiliki empat pemain. Selain juga Omid Nazari dan Nick Kuipers yang mereka pertahankan dari musim lalu.

Persib Bandung menyusul klub-klub Liga 1 2020 lainnya, yang telah bergerak cepat mendatangkan empat pemain asing. Sekaligus meninggalkan Persiraja Banda Aceh sebagai satu-satunya klub yang masih menyisakan kuota pemain asing.

Sebagai klub promosi, Persiraja Banda Aceh kini baru memiliki tiga pemain asing, Bruno Dybal dan Vanderlei dari Brasil. Serta pemain asal Inggris, Adam Mitter.

Menyisakan satu kuota pemain asing yang berasal dari Asia, klub asal Serambi Mekah itu sebenarnya tinggal juga menunggu waktu saja untuk melengkapi pemain asingnya.

Sebab setelah mencoret Reo Nakamura (Jepang) dan Pavel Smolyachenko (Uzbekistan) yang sempat menjalani seleksi, mereka kini sudah kedatangan nama baru, Samir Ayass.

Pemain Juara Jebolan Liga Europa

Dengan munculnya nama Samir Ayass, membuat kemungkinan Persiraja Banda Aceh akan segera melengkapi kuota pemain asingnya di Liga 1 2020.

Sebab pemain berpaspor Lebanon itu terlihat cukup menjanjikan dengan rekam jejak juara dan pernah bermain di kompetesi elite, Liga Europa kendati hanya di babak kualifikasi.

Itu terjadi kala Samir Ayass yang merupakan pemain gelandang tengah, memperkuat klub Liga Bulgaria FK Dunav Ruse di musim 2017/18. Sayangnya dua kali bermain di babak kualifikasi Liga Europa, mereka harus tersisih dari klub asal Kosovo Irtysh Pavlodar.

Sementara untuk rekam jejak juara, setidaknya dua kali dirasakan Samir Ayass. Pertama kala memperkuat klub besar Bulgaria CSKA Sofia pada musim 2015/16 dengan gelar juara Bulgarian Cup Winner.

Gelar juara terakhir didapat pemain 29 tahun itu di Piala AFC 2018/19, bersama klub negara asalnya, Lebanon, Al-Ahed.

Dengan rekam jejak cukup menjanjikan itu, jelas kemungkinan Samir Ayass untuk menjadi pemain asing terakhir di bursa transfer jelang Liga 1 2020 ini semakin terbuka.

Jika itu terwujud, maka Samir Ayass akan menjadi pemain asal Lebanon kedua di Liga 1 2020, Setelah sebelumnya ada nama pemain Persebaya Surabaya, Hussein El Dor.

1