Liga Indonesia

Regulasi U-23 Dicabut, Deretan Klub Liga 1 yang Masih Jadi Surga Pemain Muda

Selasa, 11 Februari 2020 18:15 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Indra Citra Sena
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Sejumlah tim Liga 1 2020 terlihat masih menjadi surga bagi para pemain muda, meski kini regulasi slot U-23 telah dicabut. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Sejumlah tim Liga 1 2020 terlihat masih menjadi surga bagi para pemain muda, meski kini regulasi slot U-23 telah dicabut.

INDOSPORT. COM - Sejumlah tim Liga 1 2020 terlihat masih menjadi surga bagi para pemain muda, meski kini regulasi U-23 telah dicabut oleh PT Liga Indonesia (LIB).

Pentas Liga 1 2020 memang tak lepas dari perubahan peraturan. PT LIB selaku operator kompetisi kini telah mencabut aturan penggunaan pemain U-23.

Musim lalu, setiap tim Liga 1 memang harus menyediakan tujuh slot untuk diisi oleh pemain berusia di bawah 23 tahun. Namun, belakangan peraturan tersebut kini dihapuskan mengingat musim depan akan digelar kompetisi Liga 1 U-23.

Perubahan peraturan tersebut mungkin akan membatasi peluang para pemain muda Indonesia untuk berlaga di level tertinggi Liga 1. Padahal, jam terbang yang lebih banyak dan tempaan kompetisi bergengsi diyakini bisa meningkatkan kualitas para bakat muda potensial Indonesia. 

Meski demikian, bukan berarti klub-klub Liga 1 2020 bakal langsung melupakan fungsi tersebut. Masih ada sejumlah klub yang tetap layak disebut sebagai surganya para pemain muda.

Klub-klub tersebut kemungkinan besar akan terus mengorbitkan bintang-bintang muda dalam mengarungi kompetisi musim depan. Bahkan jika praktek itu konsisten, mereka yang diberi kepercayaan bisa saja mereka nantinya menembus skuat timnas Indonesia senior.

Lalu, siapa sajakah deretan klub Liga 1 2020 yang masih akan jadi surganya para pemain muda? INDOSPORT coba merangkumnya ke dalam ulasan berikut.

Persela Lamongan

© https://www.instagram.com/sugengefendi__/
Sugeng Efendi, pemain Persela Lamongan. Copyright: https://www.instagram.com/sugengefendi__/Sugeng Efendi, pemain Persela Lamongan.

Persela Lamongan bakal mengarungi Liga 1 2020 bersama juru taktiknya, Nilmaizar. Menyambut kick-off kompetisi, mereka sepertinya akan cukup banyak mengandalkan bintang-bintang muda.

Menurut data Transfermarkt, rata-rata usia skuat Persela berada di kisaran 25,3 tahun, keempat termuda dari seluruh peserta Liga 1 2020.

Lebih jauh, total ada 13 pemain U-23 yang kini menghiasi skuat Persela Lamongan, di antaranya Malik Risaldi (23 tahun), Rizky Febrianto (22 tahun), dan Sugeng Efendi (21 tahun).

Arema FC

© Istimewa
Hanif Sjahbandi gunakan sepatu misterius di sesi latihan bersama Timnas Indonesia. Copyright: IstimewaHanif Sjahbandi gunakan sepatu misterius di sesi latihan bersama Timnas Indonesia.

Arema FC musim depan bakal dilatih oleh juru taktik anyar di Liga 1 2020. Pada masa pramusim, mereka mendatangkan pelatih asal Argentina yang musim lalu menangani Borneo FC, Mario Gomez.

Selaku orang yang paling bertanggung jawab meracik strategi di Arema FC, Mario Gomez sepertinya bakal banyak mengandalkan sejumlah pemain muda. Buktinya, kini tim memiliki total 11 pemain berusia di bawah 23 tahun.

Bahkan ada beberapa bintang muda yang diyakini bisa menjadi andalan Arema FC musim ini. Mereka berpotensi memberikan menit bermain reguler kepada Bagas Adi Nugroho (22 tahun), Kurniawan Kartika Aji (23 tahun), Hanif Sjahbandi (22 tahun), dan Pandi Lestaluhu (22 tahun).

Kalau dilihat secara keseluruhan, rata-rata usia pemain Arema FC untuk musim depan mencapai 25,2 tahun. Angka tersebut merupakan yang termuda ketiga di antara para peserta Liga 1 2020 lain.

Barito Putera

© twitter/@PSBaritoPutera
Bagas Kaffa (kiri) dan Bagus Kahfi (kanan) bergabung bersama Barito Putera. Copyright: twitter/@PSBaritoPuteraBagas Kaffa (kiri) dan Bagus Kahfi (kanan) bergabung bersama Barito Putera.

Ibarat tradisi, Barito Putera memang terkenal sebagai tim yang rajin memakai jasa bakat-bakat pemain muda. Praktek tersebut rasanya akan terus berlanjut musim depan, meski Liga 1 2020 telah menghapus peraturan slot tujuh pemain U-23.

Barito Putera kini memiliki total 13 pemain yang usianya masih di bawah 23 tahun, bahkan beberapa nama bintang muda tenar jebolan timnas Indonesia U-19 seperti Bagas Kaffa, Bagus Kahfi, dan David Maulana.

Ada pula winger Ilham Armaiyn (23 tahun) yang sepertinya bakal mendapat porsi menit bermain reguler di Barito Putera. Selain itu, merka masih memiliki bek muda yang sejak Liga 1 2017 telah rutin tampil, yakni Dandi Maulana (21 tahun).

Kalau secara keseluruhan, rata-rata usia para pemain Barito Putera untuk Liga 1 2020 hanya 24,9 tahun. Angka itu merupakan yang kedua termuda di antara klub peserta Liga 1 2020.

Persebaya Surabaya

© persebaya.id
Rekrutan anyar Persebaya Surabaya Muhammad Hambali Tholib. Copyright: persebaya.idRekrutan anyar Persebaya Surabaya Muhammad Hambali Tholib.

Klub Liga 1 2020 yang jadi surga paling indah untuk para pemain muda adalah Persebaya Surabaya. Musim depan, skuat Bajul Ijo banyak dihuni oleh pemain-pemain muda dengan potensial luar biasa.

Persebaya total memiliki 12 pemain yang usianya masih di bawah 23 tahun. Nama-nama tenar muda nan berbakat pun diketahui ada dalam jajaran skuat asuhan Aji Santoso

Mereka antara lain Irfan Jaya (23 tahun), Muhammad Hidayat (23 tahun), Mochammad Supriadi (17 tahun), Hambali Tholib (19 tahun), Rachmat Irianto (20 tahun), dan Alwi Slamat (23 tahun).

Bahkan dalam laga pembuka Piala Gubernur Jawa Timur 2020 kontra Persik Kediri, kemenangan 3-1 atas Persik Kediri semua golnya dihasilkan oleh para pemain muda. Supriadi, Hambali Tholib, dan Alwi Slamat secara bergantian menjebol gawang lawan.

Kalau secara keseluruhan, rata-rata umur skuat Persebaya Surabaya di Liga 1 2020 menyentuh angka 24,9 tahun. Angka itu tampak sama persis seperti yang dipunyai Barito Putera.