Liga Spanyol

Menang Tipis dari Getafe, Barcelona Pecahkan Rekor yang Bertahan Selama 14 Tahun

Minggu, 16 Februari 2020 08:09 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Alejandro/DeFodi Images via Getty Images
Penjaga gawang Barcelona, Marc-Andre ter Stegen, menorehkan rekor yang bertahan selama 14 tahun setelah ia membantu timnya menang tipis 2-1 atas Getafe. Copyright: © Alejandro/DeFodi Images via Getty Images
Penjaga gawang Barcelona, Marc-Andre ter Stegen, menorehkan rekor yang bertahan selama 14 tahun setelah ia membantu timnya menang tipis 2-1 atas Getafe.

INDOSPORT.COM - Penjaga gawang Barcelona, Marc-Andre ter Stegen, menorehkan rekor yang bertahan selama 14 tahun setelah ia membantu timnya menang tipis 2-1 atas Getafe CF di pertandingan sepak bola LaLiga Spanyol 2019-2020.

Barcelona memang baru saja menjamu Getafe di Camp Nou pada pekan ke-24 LaLiga Spanyol musim ini. Laga yang berlangsung pada Sabtu, 15 Februari 2020 itu dimenangkan oleh tim tuan rumah dengan skor tipis 2-1. Dua gol mereka tercipta melalui Antoine Griezmann dan Sergi Roberto.

Meski itu seperti kemenangan biasa, tapi ada hal menarik yang sayang untuk dilewatkan, yaitu rekor yang berhasil dipecahkan oleh kiper Blaugrana, Marc-Andre ter Stegen, yang telah melakukan 69 kali umpan sejak musim 2005/06 berdasarkan unggahan akun Twitter OptaJose.

"Marc-Andre Ter Stegen telah melakukan umpan sebanyak 69 kali hari ini, lebih banyak dari umpan yang telah dilakukan kiper LaLiga Spanyol lainnya di dalam satu pertandingan LaLiga sejak musim 2005/06," tulis akun Twitter OptaJose tersebut disertai foto Ter Stegen yang akan menghalau bola dari pemain Getafe.

Rekor tersebut tak lepas dari gaya permainan Barcelona yang sarat umpan (tiki taka). Tak hanya di era Pep Guardiola dan Ernesto Valverde, tapi juga di era Quique Setien. Pelatih baru mereka itu ternyata juga mengadopsi permainan Blaugrana sebelumnya yang membangun serangan melalui penguasaan bola.

Berdasarkan statistik dalam laga kontra Getafe itu, Barcelona memiliki total 701 kali umpan dibanding tim tamu yang hanya 213 umpan. Mereka juga memiliki ball possession 76 persen dibanding lawan yang hanya 24 persen. Passing akurasinya pun lebih besar, yakni 86 persen dibanding 56 persen yang dimiliki Getafe.

Rekor Ter Stegen itu sepertinya juga tak lepas dari keputusan Setien yang meminta para pemainnya untuk mengulur waktu menjelang akhir pertandingan. Pasalnya, setelah lawan mencetak gol melalui Angel Rodriguez pada menit ke-66, Barcelona memang mengulur waktu dan melakukan banyak passing agar tidak kebobolan lagi.

Terlepas dari hal tersebut, Blaugrana mampu mengakhiri empat kemenangan beruntun terakhir Getafe di LaLiga Spanyol. Dengan hasil ini, Getafe pun gagal untuk semakin menempel klub Catalan tersebut di klasemen dan tetap di posisi tiga dengan torehan 42 poin, hasil dari 12 kali menang, enam kali imbang, dan enam kali kalah.

Di sisi lain, Barcelona mampu terus mempertahankan posisi dua mereka dengan torehan 52 poin, hasil dari 16 kali menang, empat kali imbang, dan empat kali kalah. Mereka memiliki poin yang sama dari Real Madrid di posisi satu papan klasemen sementara kompetisi sepak bola LaLiga Spanyol 2019/20.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%