Liga Indonesia

Deretan Prank untuk Persib Bandung di Masa Bursa Transfer Jelang Liga 1 2020

Senin, 17 Februari 2020 14:06 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Lanjar Wiratri
© Arif Yahya/INDOSPORT
Sejumlah prank atau kejutan, diketahui mendera Persib Bandung di masa bursa transfer jelang Liga 1 2020. Copyright: © Arif Yahya/INDOSPORT
Sejumlah prank atau kejutan, diketahui mendera Persib Bandung di masa bursa transfer jelang Liga 1 2020.

INDOSPORT. COM - Sejumlah prank atau kejutan, diketahui mendera Persib Bandung di masa bursa transfer jelang Liga 1 2020.

Kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 2020, rencananya bakal resmi bergulir pada akhir Februari mendatang. Sembari menunggu dihelatnya laga pembuka, para tim peserta terus berusaha mematangkan komposisi skuat dan memaksimalkan periode bursa transfer pemain.

Persib Bandung, mungkin jadi salah satu tim Liga 1 2020 yang aktivitasnya layak disimak. Sejauh ini, Maung Bandung sudah banyak melakukan persiapan, mulai dari mendatangkan beberapa baru, melengkapi slot pemain asingnya, serta menggelar laga-laga uji coba.

Namun, khusus soal bursa transfer, nasib Persib Bandung tampak kurang mujur. Persib Bandung harus berulang kali kena prank, dikaitkan dengan bintang-bintang ternama, namun tak lama kemudian kesepakatan transfer gagal terwujud.

INDSPORT lantas coba mengulas deretan prank yang mendera Persib Bandung di masa bursa transfer jelang Liga 1 2020 tadi. Seperti apa saja prank yang dimaksudkan itu? Mari simak ulasannya.

Irfan Bachdim

© Ronakd Seger Prabowo/INDOSPORT
PSS Sleman memperkenalkan pemain baru, Irfan Bachdim kepada media. Copyright: Ronakd Seger Prabowo/INDOSPORTPSS Sleman memperkenalkan pemain baru, Irfan Bachdim kepada media.

Persib Bandung beberapa waktu lalu sempat dikaitkan dengan penyerang Timnas Indonesia, Irfan Bachdim. Isu tersebut hangat berkembang setelah posisi Irfan Bachdim di Bali United tak aman lagi.

Irfan Bachdim tak dibawa kala Bali United berlaga menghadapi Tampines Rovers dalam kualifikasi Liga Champions Asia. Sejak itu, Irfan Bachdim kian santer dihubungkan akan berlabuh ke Persib Bandung.

Pihak Persib Bandung sendiri sempat memberikan konfirmasi terkait isu Irfan Bachdim. Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, mengaku tengah memantau perkembangan Irfan Bachdim bersama Bali United.

"Ada banyak pemain tersedia, ada banyak pemain yang menawarkan dirinya. Kami tahu Bruno, kami tahu kualitasnya dan dia sudah tahu sepak bola Indonesia, dia juga sudah pernah bermain di level AFC jadi dia sudah punya pengalaman dan dia juga adalah pemain yang kami pantau," kata Robert Alberts, Rabu (22/01/20).

"Tapi bukan hanya sekedar itu, Spaso juga tersedia, Irfan juga tersedia, ada banyak yang tersedia tapi mereka juga punya harga, kami tidak bisa mengabaikan itu," lanjutnya.

Namun yang terjadi berikutnya, Irfan Bachdim tak pernah benar-benar merapat ke Persib Bandung. Meski telah begitu dikaitkan dengan Maung Bandung, Irfan Bachdim malah hijrah menuju PSS Sleman per tanggal 12 Februari 2020.

Bruno Matos

© bhayangkarafc
Bruno Matos latihan perdana bersama Bhayangkara FC. Copyright: bhayangkarafcBruno Matos latihan perdana bersama Bhayangkara FC.

Bruno Matos jadi salah satu nama yang banyak diperbincangkan di masa bursa transfer jelang Liga 1 2020. Tak memiliki klub usai dilepas Bhayangkara FC, Bruno Matos langsung mendapat banyak tawaran.

Persib Bandung sempat muncul sebagai tim terdepan yang ingin mendapatkan jasa Bruno Matos. Bahkan situs Jerman, Transfermarkt, pernah menuliskan status Bruno Matos resmi gabung ke Persib Bandung pada 4 Februari 2020.

Tak lama kemudian, situs Transfermarkt langsung merevisi lagi status Bruno Matos. Transfermarkt menjelaskan kalau ternyata Bruno Matos belum resmi berlabuh ke Persib Bandung.

“Transfer dari Bruno Matos ke Persib tidak resmi. Saya tidak tahu siapa, tetapi seseorang dari tim kami di Transfermarkt menerima perubahan pemain (Matos) menjadi Persib,” tulisnya lewat akun Instagram @TMidn_news.

“Saya sudah berbicara dengan seseorang dan Bruno Matos hanyalah kandidat untuk tim (Persib). Tidak ada yang resmi,” tambahnya lagi.

Sampai akhirnya kepastian tiba di tanggal 10 Februari 2020. Persib Bandung resmi mendatangkan dua penyerang asing, Geoffrey Castillion dan Wander Luiz. 

Datangnya dua bomber asing, membuat slot pemain asing Persib Bandung sudah penuh, sebab sebelumnya ada Omid Nazari dan Nick Kuipers. Bruno Matos pun yang sempat dikabarkan resmi merapat, kini tak benar-benar bergabung dengan Persib Bandung.

Saddil Ramdani

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Saddil Ramdani ikut jalani TC Timnas Indonesia Senior di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSaddil Ramdani ikut jalani TC Timnas Indonesia Senior di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Saddil Ramdani menjadi komoditi panas di pasar bursa transfer jelang Liga 1 2020. Setelah dilepas klub Malaysia, Pahang FA, Saddil yang tanpa klub langsung mendapatkan banyak peminat.

Salah satu kandidat klub baru Saddil Ramdani adalah Persib Bandung. Bahkan Saddil sempat tertangkap kamera sedang nongkrong bareng bek sayap Persib Bandung, Ardi Idrus.

Namun, Saddil ternyata tak pernah benar-benar merapat ke Persib Bandung. Transfer ke Persib Bandung hanya sebatas isu semata, sebab Saddil lantas memilih Bhayangkara FC sebagai klub barunya.

Saddil sendiri lantas memberikan penjelasan, bahwa dirinya sempat risih dikaitkan dengan Persib Bandung. Saddil mengaku memang sempat pergi menuju Bandung, namun bukan untuk kepentingan transfer, melainkan hanya berlibur saja.

"Bahkan ada kesalahpahaman dengan agensi saya. Dia kira saya ketemu sama manajer di sana (Persib), padahal saya tidak bertemu dengan manajemen klub," ujar Saddil di Mess Bhayangkara FC, Jakarta, Sabtu (8/1/2020) dilansir dari Antara.

"Saya juga sempat kaget, karena saya disuruh libur sama agensi ke Bandung, kemarin saya minta lima hari. Tapi di sana hanya tiga hari, karena udah beredar katanya saya mau masuk (Persib) Bandung," kata Saddil.

Begitulah kurang lebih prank yang mendera Persib Bandung di bursa transfer jelang Liga 1 2020. Tiga pemain di atas sempat dikaitkan akan berlabuh ke Persib Bandung, tapi kenyataannya mereka malah gabung klub lain.