In-depth

Belajar Hidup Bahagia dari Erling Haaland

Rabu, 19 Februari 2020 09:17 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© DeFodiImages/GettyImages
Penyerang Borussia Dortmund, Erling Haaland memberikan kemenangan untuk timnya saat melawan PSG di babak 16 besar Liga Champions 2019-2020 leg pertama di Signal Iduna Park. Copyright: © DeFodiImages/GettyImages
Penyerang Borussia Dortmund, Erling Haaland memberikan kemenangan untuk timnya saat melawan PSG di babak 16 besar Liga Champions 2019-2020 leg pertama di Signal Iduna Park.

INDOSPORT.COM - Erling Braut Haaland kembali menjadi sensasi di tim Borussia Dortmund. Remaja 19 tahun asal Norwegia ini mencetak brace yang mengantarkan kemenangan timnya 2-1 atas PSG di leg pertama babak 16 Liga Champions Eropa, Rabu (19/20/20). 

Dua gol Haaland di Signal Iduna Park dini hari tadi langsung mengantarkannya pada tiga rekor sekaligus. Halaand tercatat jadi remaja tercepat yang mencetak 10 gol dalama satu musim Liga Champions. 

Haaland hanya butuh tujuh laga untuk dapat mencatatakan 10 gol. Sebelumnya, Adriano, Firmino, dan Sadio Mane membutuhkan 11 laga untuk membuat 10 gol. 

Ia juga menjadi pemain Dortmund pertama yang mencetak debut gol di semua ajang kompetisi sekaligus menjadi pemain pertama yang mencetak gol di dua klub berbeda dalam satu musim Liga Champions. Pada putaran pertama Haaland bermain untuk RB Salzburg dan membuat 9 gol. 

Haaland adalah sosok pesepakbola yang mungkin belum pernah kita lihat sebelumnya di Eropa. Hebatnya, dia bukan datang dari negara sepak bola seperti Italia, Brasil, Portugal, ataupun Inggris. 

Haaland adalah berlian yang ditemukan dari dataran Skandinavia, tepatnya Norwegia. Berapa banyak pesepakbola kelas dunia yang datang dari Norwegia? Tentu tak banyak. 

Akan tetapi, justru di sinilah letak kekuatan Haaland. Mungkinkah kebahagiaan orang-orang Norwegia jadi alasan kehebatan Haaland?

Resep Kebahagiaan untuk Erling Haaland

Terletak di ujung baratdaya Eropa, Norwegia menjadi satu dari tiga negara yang menempati semenanjung Skandinavia. Tak banyak yang menonjol dari negeri ini.

Justru penduduknyalah yang membuat Norwegia istimewa. Berdasarkan survei dari badan PBB, World Happines Report, Norwegia masuk ke dalam 10 negara paling bahagia di dunia. Bahkan pada 2016-2017 negara ini menempati peringkat pertama. 

Selain penduduknya yang sejahtera secara ekonomi, institusi-institusi di negara tersebut juga berjalan dengan sangat baik. Kondisi inilah yang memberikan banyak kebahagiaan bagi para penduduknya. 

Tentu saja Erling Haaland yang besar di Norwegia ikut merasakan. Mungkin hal ini pula yang membentuk kepribadiannya. 

Haaland dikenal sebagai pemain yang easy going alias 'tidak ribet'. Ia juga bukan sosok yang mata duitan. Hal ini tercermin dari sekian wawancara yang dilakukannya dengan media. 

Memulai karier dengan memperkuat klub Bryne, Haaland akhirnya mantap pindah ke raksasa Austria, Red Bull Salzburg. Potensinya pun semakin terkuak dengan koleksi 17 gol dari 16 laga di Salzburg. 

Pemain belia yang mencatatakan debut tim senior pada usia 15 tahun ini pun mendapatkan kesempatan berharga untuk hijrah ke klub besar pada bursa transfer musim dingin lalu. 

Dari penuturan sang agen, Mino Raiola, ada 12 klub yang meminati Erling Haaland, termasuk raksasa Inggris, Manchester United, dan jawara LaLiga, Barcelona.  

Namun, Haaland justru memilih untuk pindah ke klub Bundesliga, Borussia Dortmund. Banyak pihak terkejut dengan keputusannya ini. 

Namun, Erling Haaland menanggapinya dengan santai. Bagi pemuda 19 tahun ini, kebahagiaan dan perkembangan karier lebih penting dari segalanya. 

Menurut Haaland, Dortmund merupakan klub yang cocok untuk membuka potensinya sebagai pemain muda. Dortmund telah terbukti mampu mengembangkan bakat-bakat muda. 

Yang mengejutkan, Die Borussen cuma mengeluarkan uang 20 juta euro untuk merekrut dan mengontraknya selama 4,5 tahun. Hal ini langsung mementahkan anggapan Haaland yang mata duitan. 

"Justru orang-orang yang menulis hal itu harus menjelaskannya kepada saya. Agak lucu bagi saya mendapat label itu (mata duitan). Semua orang terdekat saya tahu bahwa saya bukan tipe orang seperti itu. Ini benar-benar lucu," ujar Haaland.

Padahal, jika hijrah ke Man United, bisa saja ia mendapatkan nilai kontrak yang lebih besar. Haaland sendiri tak menyesali tak jadi hijrah ke Manchester united atau pun Barcelona. 

Haaland mengaku tak mau ambil pusing dengan urusan transfer. Baginya, fokusnya adalah bermain sepak bola dan tentunya mencetak gol. 

"Prosesnya cukup sederhana di pihak saya. Saya hanya bermain sepak bola dan tidak terlalu terlibat sampai paruh pertama musim berakhir, jujur saja saya tidak punya banyak urusan dengan itu," katanya. 

© Jörg Schüler/Getty Images
Erling Haaland merayakan golnya dalam laga Borussia Dortmund vs Union Berlin Copyright: Jörg Schüler/Getty ImagesErling Haaland merayakan golnya dalam laga Borussia Dortmund vs Union Berlin

Erling Haaland sendiri sukses melakoni debut sensasional di Borussia Dortmund pada 18 Januari 2020. Ia langsung menciptakan hatttrick dalam kurun waktu 23 menit dan membantu timnya menang 5-3 atas Augsburg.

Catatan impresif ini terus berlanjut baik di Bundesliga maupun Liga Champions. Bersama Dortmund hingga hari ini, Rabu (19/02/20), ia telah mencetak 11 gol dari tujuh laga di semua kompetisi.  

Total musim ini Haaland sudah membuat 39 gol dari 28 laga di semua kompetisi baik bersama Dortmund maupun Salzburg. Catatan yang mungkin hanya bisa disandingkan dengan Ronaldo atau pun Lionel Messi.  

Jago cetak gol, masih muda, dan tak banyak gaya, pemain Norwegia seperti Haaland tentu bakal jadi rebutan banyak raksasa Eropa di tahun-tahun mendatang. Semoga Haaland tetap membumi dan tentu saja bahagia! 

1