Bola Internasional

FAM Resmi Tetapkan 3 Wasit Wanita untuk Memimpin Liga Super Malaysia

Jumat, 21 Februari 2020 11:53 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Isman Fadil
© semuanyabola.com
Kompetisi Liga Super Malaysia 2020 resmi menggunakan jasa tiga wasit wanita. Copyright: © semuanyabola.com
Kompetisi Liga Super Malaysia 2020 resmi menggunakan jasa tiga wasit wanita.

INDOSPORT.COM - Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) telah resmi menetapkan tiga wasit wanita ikut memimpin jalannya laga di Liga Super Malaysia 2020 mendatang.

Dilansir dari media Malaysia, semuanyabola, tiga wasit wanita tersebut bernama Rita Gani (43), Nurul Ain Izatty Zainal (22), serta asisten wasit yakni Nur Akmal Anuar, (32).

Presiden FAM, Datuk Haji Hamidin Haji Mohd Amin, mengatakan langkah tersebut demi memperkenalkan wasit wanita di kompetisi tertinggi Malaysia dan menambah minat perempuan untuk bisa menjadi pengadil lapangan.

"Jumlah pengadil wanita di negara ini masih dalam kelompok yang boleh kita anggap agak kecil. Dengan aksi mereka di pentas Liga Super dan Liga Premier nanti, saya pasti ia akan membuka mata banyak pihak dan pada masa sama menarik minat lebih ramai golongan wanita untuk menjadi pengadil pada masa akan datang," kata Datuk.

Ia juga menambahkan kalau tiga wasit yang dipilih tersebut sudah mengantongi lisensi FIFA.

"Ketiga-tiga mereka ini telah mengadili perlawanan membabitkan pasukan wanita sama ada di pentas antarabangsa bagi Rita dan Nur Akmal yang merupakan Pengadil FIFA dan Penolong Pengadil FIFA serta Nurul Ain yang cukup berpengalaman mengendalikan perlawanan Piala Tun Sharifah Rodziah setiap tahun," tuturnya menambahkan.

Wasit wanita berusia 43 tahun bernama Rita juga pernah tercatat sebagai wasit terbaik wanita Asia pada 2014 silam. Ia pernah memimpin Piala Dunia wanita pada 2015 di Kanada.

Liga Super Malaysia sendiri akan digelar pada 28 Februari 2020. Kompetisi tersebut akan menjadi ujian berat bagi Legenda Timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto.

Pasalnya, ini merupakan kompetisi pertama yang dijalani Kurniawan Dwi Yulianto menjadi pelatih kepala di Sabah FA.