Bola Internasional

Termasuk Juara Bareng Persija, Ini 3 Fakta Elang Singapura Geylang International

Minggu, 23 Februari 2020 18:25 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© facebook/geylanginternationalfc/forumpersija.blogspot.com/besthdwallpaper.com
Ilustrasi logo Persija Jakarta vs Geylang International. Copyright: © facebook/geylanginternationalfc/forumpersija.blogspot.com/besthdwallpaper.com
Ilustrasi logo Persija Jakarta vs Geylang International.

INDOSPORT.COM - Geylang akan menjadi lawan Persija Jakarta dalam laga persahabatan internasional yang bertepatan dengan launching tim Liga 1 2020. Berikut faktanya.

Persija Jakarta akan menggelar peluncuran atau launching timnya di Liga 1 2020 pada minggu malam (23/02/20).  Dalam rangkaian acaranya, Persija jakarat juga akan melakoni sebuah pertandingan uji coba internasional melawan klub asal Singapura, Geylang.

Buat sebagian suporter sepak bola di Indonesia, nama Geylang mungkin masih cukup asing. Misalnya jika dibandingkan klub Singapura lainnya Tampines Rovers, yang sering menjadi lawan klub-klub Liga 1 di Piala AFC.

Mesti begitu, Geylang sebenarnya merupakan klub yang punya prestasi cukup luar biasa di sepak bola Singapura. Mereka beberapa kali empat meraih gelar juara, bahkan bisa memcahkan rekor sebelum era Singapore League (S-League).

Untuk itu, agar lebih mengenal klub Geylang jelang pertandingan persahabatan internasional kontra Persija Jakarta. Berikut INDOSPORT coba rangkumkan 4 fakta mengenai klub yang berdiri tahun 1973 itu.

Rekor Juara

Fakta pertama dalah bahwa Geylang merupakan salah satu klub yang punya tradisi panjang di sepak bola Singapura. 

Berdiri dengan nama International Contract Specialists pada tahun 1973. Pada tahun 1977 mereka sempat berganti nama menjadi Geylang International, kemudian menjadi Geylang United sejak tahun 1996 atau pada tahun pertama digulirkannya era Liga Singapura, S-League dan sejak 2013 kembali berganti nama menjadi Geylang International.

Selain sebagai salah satu klub pendiri S-League, nama besar Geylang juga muncul karena prestasi luar biasa mereka di era Liga Premier Singapura, khususnya di akhir 80-an hingga awal 90-an.

Saat itu Geylang sukses meraih enam gelar juara berturut-turut. Terhitung sejak tahun 1988, 1989, 1990, 1991, 1992 hingga 1993. Jumlah enam gelar juara tersebut juga merupakan rekor terbanyak yang pernah diukir oleh klub asal singapura.

Juara Musim yang Sama dengan Persija

Fakta berikutnya adalah sebuah fakta menarik yang sempat diukir Geylang di era S-League. Baru bisa meraih dua kali gelar juara di era S-League, salah satu gelar juara Geylang  itu didapat pada musim yang sama dengan ketika Persija jakarta juara di Liga Indonesia. Yakni terjadi di Liga musim 2001.

Gelat juara S-League 2001 itu juga merupakan yang kedua yang didapat Geylang di era baru Liga Singapura, setelah sebelumnya juara pada musim perdana tahun 1996.

Sayangnya gelar juara tahun 2001 itu juga merupakan yang terakhir kali buat mereka hingga kini. Atau secara langsung artiny agagal kembali meraih gelar juara bareng Persija jakarta, yang pad amusim 2018 sukses kembali juara di Liga Indonesia.

Klub Rival Abadi Tampines Rovers

Fakta terakhir adalah bahwa Tampines Rovers adalah merupakan rival abadi klub yang kerap menjadi lawan klub Indonesia di Piala AFC, Tampines Rovers.

Dengan lokasi yang bersebelahan di wilyah timur negara Singapura, rivalitas Geylang vs Tampines Rovers dikenal dalam laga bertajuk Eastern Derby.

Sayangnya memang dalam rivalitasnya dengan Tampines Rovers di era S-LEague, Geylang memang tak lebih sukses bisa meraih prestasi. Disaat mereka hanya bisa mendapatkan dua gelar juara, sang rival sudah bisa mengoleksi lima gelar hingga kini.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%