Liga Inggris

VAR Kerap Kontroversial, Pep Guardiola: Jangan Salahkan Mesinnya

Minggu, 23 Februari 2020 19:06 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Chris Brunskill/GettyImages
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, buka suara soal kontroversi VAR di Liga Inggris. Copyright: © Chris Brunskill/GettyImages
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, buka suara soal kontroversi VAR di Liga Inggris.

INDOSPORT.COM - Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, buka suara soal perangkat pertandingan dan Video Assistant Referee alias VAR saat Chelsea berhadapan dengan Tottenham Hotspur di ajang Liga Inggris.

Melansir dari Manchester Evening News, pada pertandingan Chelsea vs Spurs, Giovani Lo Celso nampak menginjak kaki Cesar Azpilicueta dengan sengaja. Meski telah berdiskusi dengan VAR, wasit tak memberi kartu dan menganggapnya pelanggaran biasa.

Hal ini pun menjadi perhatian Pep Guardiola. Menurutnya, VAR hanyalah mesin semata dan tak bisa disalahkan. Justru, wasit dan orang yang di belakang VAR yang harus disalahkan.

"Mesin adalah mesin, tapi di tangan satu orang lah pemain bisa dikeluarkan atau tidak. Terkadang pemain tidak dikeluarkan, dan terkadang ada yang dikeluarkan,

"Saya sudah katakan musim lalu, VAR butuh waktu. Mungkin musim depan kita bisa belajar bagaimana memakainya dan memperbaiki situasi. Di pertandingan Chelsea, dia (Lo Celso) tidak dikeluarkan tapi sebelumnya Son dikeluarkan, kenapa?" kata Guardiola.

Sebagai informasi, saat pertemuan pertama, Son Heung-min dikeluarkan oleh wasit usai menendang Antonio Rudiger. Namun di pertemuan kedua, perbuatan Lo Celso tidak mendapat kartu atau peringatan.

VAR dan kualitas wasit Liga Inggris memang menjadi perbincangan utama di sepak bola saat ini. Hal ini terlihat dari beberapa pekan terakhir, hingga puncaknya terjadi saat Chelsea vs Tottenham Hotspur, Sabtu (22/02/20).