Bola Internasional

3 Fakta Mengejutkan Usai PSM Makassar Hajar Shan United di Piala AFC

Rabu, 26 Februari 2020 20:43 WIB
Editor: Coro Mountana
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
3 Fakta Mengejutkan Usai PSM Makassar Hajar Shan United di Piala AFC. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
3 Fakta Mengejutkan Usai PSM Makassar Hajar Shan United di Piala AFC.

INDOSPORT.COM – PSM Makassar akhirnya berhasil meraih kemenangan di ajang Piala AFC kontra Shan United dalam laga yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno.

Setelah sebelumnya kalah 1-2 dari Home United, akhirnya PSM Makassar sukses mengemas kemenangannya pada sore tadi. PSM Makassar sukses menekuk wakil Myanmar, Shan United dengan skor 3-1.

Gol-gol kemenangan PSM Makassar dipersembahkan oleh Giancarlo Lopes Rodrigues, Yacob Sayuri, dan Ferdinand Sinaga. Sedangkan sebiji gol Shan United berasal dari upaya keras Htet Phyo Wai.

Kemenangan ini sendiri sekaligus menjadi yang perdana bagi PSM Makassar dalam kancah Piala AFC 2020. Selain fakta tersebut, masih terdapat hal mengejutkan lain yang menarik untuk dibahas usai PSM Makassar menghajar Shan United di Piala AFC.

PSM Makassar Perpanjang Rekor Bagus di Laga Kandang

Kemenangan atas Shan United menambah rekor bagus PSM Makassar jika bertanding di kandang pada Piala AFC. Tercatat sejak Piala AFC 2019, PSM Makassar tidak pernah merasakan kekalahan jika bertanding di kandang sendiri.

Dengan rincian, meraih 4 kemenangan yang terdiri dari Lao Toyota (Laos), Home United (Singapura), Becamex Binh Duong (Vietnam), dan Shan United (Myanmar). Sedangkan satu-satunya laga yang gagal dimenangkan PSM ketika menjamu Kaya-Iloilo musim lalu.

Shan United Terus Menjadi Bulan-bulanan

Ketika PSM Makassar menjaga rekor bagus di laga kandang, hal berbeda justru dijaga oleh Shan United yang terus menjadi bulan-bulanan di Piala AFC sejak musim lalu. Jika ditelisik sejak musim lalu, Shan United ternyata selalu mengalami kekalahan dalam 8 laga terakhir.

Tiga di antaranya dari klub Indonesia yang salah satunya oleh PSM Makassar sore tadi. Sedangkan dua lainnya didapatkan Shan United saat kalah dari Persija Jakarta musim lalu, bahkan salah satunya macan kemayoran bantai 6-1.

PSM Tidak Pernah Cleansheet dalam 4 Laga Terakhir Piala AFC

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
PSM Makassar vs Shan United Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTPSM Makassar vs Shan United

Terakhir, satu catatan yang wajib dicatat oleh PSM Makassar yaitu tidak pernah cleansheet dalam 4 laga terakhir Piala AFC. Terakhir kali, PSM cleansheet pada laga terakhir fase grup musim lalu yang dimenangkan tim Juku Eja atas Lao Toyota, 3-0.

Setelah itu, PSM selalu kebobolan saat berjumpa Becamex Binh Duong (2 kali), Home United dan teranyar dari Shan United. PSM Makassar memang sukses menuai kemenangan perdana, tetapi catatan tak pernah cleansheet patut menjadi perhatian serius di Piala AFC.