Bola Internasional

Virus Corona Serang Eropa, Gelaran Euro 2020 Terancam Batal?

Rabu, 26 Februari 2020 16:21 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© INDOSPORT
Kompetisi Euro 2020 terancam batal digelar usai wabah virus Corona telah menyerang beberapa negara Eropa, termasuk Italia sebagai salah satu tuan rumah Copyright: © INDOSPORT
Kompetisi Euro 2020 terancam batal digelar usai wabah virus Corona telah menyerang beberapa negara Eropa, termasuk Italia sebagai salah satu tuan rumah

INDOSPORT.COM - Wabah virus Corona yang telah melanda Italia membuat UEFA selaku badan tertinggi sepak bola Eropa merasa takut gelaran Euro 2020 akan terkena dampaknya.

Dilansir dari laman CGTN, Italia menjadi salah satu dari 12 negara terpilih untuk menggelar kompetisi sepak bola empat tahunan ini. Namun belum lama ini wabah virus Corona menghinggapi Negeri Menara Pisa tersebut dan mengancam Euro 2020.

Dengan wabah virus Corona di Italia, UEFA pun tengah menunggu bagaimana penanganan dan penyebarannya. Jika hingga Juni 2020 wabah ini masih bertahan dan tak terpecahkan, bukan tidak mungkin gelaran Euro 2020 akan dibatalkan.

"Kami tengah menunggu. Kami tengah memonitor setiap negara, dan sepak bola (Euro 2020) pun harus mengikuti negara lainnya.

"Kompetisi olahraga (sepak bola khususnya) akan ditutup (dibatalkan) jika situasi kian memburuk," ujar Michele Uva yang merupakan salah satu komite eksekutif UEFA.

Pada Juni dan Juli 2020 mendatang, Italia akan menjadi tuan rumah. Roma ditunjuk menjadi tempat perhelatan Euro di babak grup dan perempatfinal. Hingga saat ini, ibu kota Negeri Pizza tersebut dilaporkan belum terinfeksi virus Corona.

Sebelumnya, pemerintah Italia telah membatalkan kompetisi olahraga di enam daerah akibat virus Corona. Bahkan untuk gelaran Serie A, akibat wabah ini, pertandingan akan berjalan tertutup.