Liga Indonesia

Hukumannya Ditambah AFC, Wiljan Pluim Masih Akan Absen Kontra Kaya FC

Kamis, 27 Februari 2020 19:40 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Wiljan Pluim mencoba melewati hadangan pemain Lalenok United. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Wiljan Pluim mencoba melewati hadangan pemain Lalenok United.

INDOSPORT.COM - Kabar buruk menimpa wakil Indonesia di ajang Piala AFC 2020, PSM Makassar. Gelandang serang andalannya, Willjan Pluim masih akan absen kontra Kaya FC pada laga ketiga penyisihan grup H nanti.

Kepastian tersebut didapatkan setelah AFC mengirim surat kepada PSM yang berisi penambahan hukuman untuk Pluim. Tentu saja, menjadi kerugian besar untuk Pasukan Ramang dalam mengarungi fase grup Piala AFC 2020.

Penambahan hukuman tersebut merupakan imbas kartu merah pada leg kedua play-off Piala AFC 2020 kontra klub Timor Leste, Lalenok United. Pluim mendapat dua kartu kuning sekaligus setelah melancarkan protes keras kepada wasit.

Sejatinya, Pluim hanya akan absen satu laga saja jika merunut regulasi Piala AFC 2020. Namun, gelandang asal Belanda itu harus absen dua laga lagi setelah Komisi Disiplin AFC menerima laporan dari wasit yang memimpin laga.

"Jadi, saat Match Coordination Meeting (MCM), nama Pluim tertera di daftar pemain yang sah untuk dimainkan. Namanya juga sudah diserahkan kepada pengawas pertandingan," ungkap Media Officer PSM, Sulaiman Karim, Rabu (26/02/20).

"Tapi, saat MCM sudah mau selesai, tiba-tiba ada surat dari AFC yang masuk ke email PSM. Isinya menyatakan bahwa Pluim dijatuhi sanksi untuk laga lawan Shan United dan Kaya FC," jelas Sulaiman Karim lagi.

PSM pun merespons keras surat dari AFC tersebut sebab baru dikirim sehari sebelum melawan Shan United. Mereka menilai sikap konfederasi sepak bola Asia tersebut tidak normal dan profesional untuk kompetisi level internasional.

"Ini sangat tidak profesional. Hal seperti inilah yang akan terjadi jika orang-orang tidak berkapabilitas dan tidak paham dilibatkan untuk mengurus sepak bola. Mereka akan memakan korban dan kami pun menjadi korbannya kali ini," ungkap pelatih PSM, Bojan Hodak.

Meski tak diperkuat Wiljan Pluim, PSM Makassar tetap mampu menaklukkan Shan United dengan skor 3-1 pada laga kedua penyisihan grup H Piala AFC 2020 di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Rabu (26/02/20) sore kemarin.