Liga Indonesia

4 Klub Liga 1 2020 yang Dibina oleh Kepala Daerah Republik Indonesia

Jumat, 28 Februari 2020 17:34 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
© Twitter/@Liga1Match
Sedikitnya ada 4 klub Liga 1 2020 yang dibina langsung oleh sosok kepala daerah di lingkungan Republik Indonesia. Copyright: © Twitter/@Liga1Match
Sedikitnya ada 4 klub Liga 1 2020 yang dibina langsung oleh sosok kepala daerah di lingkungan Republik Indonesia.

INDOSPORT.COM - Sedikitnya ada 4 klub Liga 1 2020 yang dibina langsung oleh sosok kepala daerah di lingkungan Republik Indonesia.

Menjadi kepala daerah kerap datang dari beragam latar belakang baik itu profesi sebelumnya, tingkat pendidikan, termasuk partai yang mencalonkan.

Tugas kepala daerah sendiri ialah memimpin pelaksanaan urusan pemerintah, menyusun atau mengajukan rancangan Peraturan Daerah, hingga melaksanakan tugas lain sesuai undang-undang.

Meski demikian ada hal menarik yang bisa ditelisik bersama para penggemar sepak bola. Sebab sebagian kepala daerah ternyata memimpin sederet klub Liga 1.

Maka dari itu dunia politik dan olahraga ternyata cukup dekat sejauh ini. Sehingga para kepala daerah ini dirasa harus profesional untuk memimpin sebuah klub.

Berikut ini deretan kepala daerah Republik Indonesia periode terkini yang menjadi pembina dan membimbing empat klub Liga 1 2020. Lantas siapa saja mereka?

1. Fideli

© Bangsa Online
Bupati Lamongan Fideli yang juga membina Persela. Copyright: Bangsa OnlineBupati Lamongan Fideli yang juga membina Persela.

Salah satu klub awal Jawa Timur Persela ternyata dibina oleh Bupati Lamongan yakni H. Fadeli, S.H., M.M pada periode 2016-21 (alias masa jabatan kedua).

Jelang bergulirnya Liga 1 2020, Fadeli sempat meminta agar kepala pelatih Nilmaizar dipertahankan usai sukses membawa Persela membaik di paruh kedua.

Persela sendiri akan melakoni pertandingan pekan perdana melawan Persib Bandung di Stadion Si Jalak Harupat, Jawa Barat, Minggu (01/02/20).

2. Benhur Tommy Mano

© Sudjarwo/INDOSPORT
Ketua Umum Persipura, Benhur Tomi Mano. Copyright: Sudjarwo/INDOSPORTWali Kota Jayapura dan Ketua Umum Persipura, Benhur Tommy Mano.

Berikutnya ada wakil Papua, Persipura Jayapura yang juga diketahui dibina langsung oleh Wali Kota Jayapura periode 2017-22 dalam sosok Benhur Tommy Mano.

Bahkan Benhur didaulat sebagai Ketua Umum Persipura. Periode pertama Benhur menjadi Wali Kota Jayapura adalah pada 2011-16 silam.

Sebelumnya Benhur sempat mengaku kalau Persipura cukup rugi karena menjadi tim musafir untuk Liga 1 2020. Lantaran Stadion Mandala dijadikan ajang untuk PON XX.

3. Aminullah Usman

© rri.co.id
Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman yang juga membina Persiraja. Copyright: rri.co.idWali Kota Banda Aceh Aminullah Usman yang juga membina Persiraja.

Selanjutnya ada Persiraja Banda Aceh yang juga dibina oleh kepala daerah Indonesia dalam sosok H. Aminullah Usman, S.E., Ak., M.M.

Aminullah Usman ialah Wali Kota Banda Aceh yang menjabat sejak 2017-22. Aminullah pun sempat bangga karena Persiraja bisa promosi ke Liga 1.

“Ya, kami tidak muluk-muluk, kami ingin Persiraja ini berada di papan atas," harap Aminullah ke awak media, Kamis (06/02/20).

4. Ahmed Zaki Iskandar

© Instagram/@zaki.iskandar_story
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar (tengah-kiri) yang juga membina Persita. Copyright: Instagram/@zaki.iskandar_storyBupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar (tengah-kiri) yang juga membina Persita.

Terakhir ada tim promosi dari Liga 2 2019, Persita Tangerang yang juga dibina oleh seorang kepala daerah Indonesia, yakni Ahmed Zaki Iskandar, B. Bus.

Ahmed merupakan Bupati Tangerang periode 2018-23. Ahmed pun sangat senang karena Persita kembali bisa promosi ke kasta teratas sepak bola Indonesia.

"Alhamdulilah tahun ini Persita tembus ke Liga 1, dan ini merupakan kado ulang tahun Kabupaten Tangerang," kata Ahmed ke awak media, Rabu (27/11/19).

Sebelumnya ada pula beberapa klub Liga 1 2020 yang dipimpin langsung oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI).