Liga Indonesia

Termasuk Eks PSM Makassar, Deretan Kiper Jangkung di Liga 1 2020

Sabtu, 29 Februari 2020 21:08 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Berikut ini deretan kiper jangkung atau postur tubuh yang sangat tinggi di Liga 1 2020, termasuk di dalamnya ada eks PSM Makassar. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Berikut ini deretan kiper jangkung atau postur tubuh yang sangat tinggi di Liga 1 2020, termasuk di dalamnya ada eks PSM Makassar.

INDOSPORT.COM - Berikut ini deretan kiper jangkung atau postur tubuh yang sangat tinggi di Liga 1 2020, termasuk di dalamnya ada eks PSM Makassar.

Kiper atau penjaga gawang merupakan sosok penting dalam sebuah klub sepak bola. Sebab dirinya menjadi orang terakhir dalam menghalau bola agar tak kebobolan.

Kiper era modern saat ini juga dituntut untuk bisa membangun serangan dari bawah selain menepis, menangkap, hingga membuang bola.

Posisinya yang berada paling belakang ketika tim sedang menyerang dan paling depan saat klubnya sedang diserang membuat kiper memiliki ciri khas tersendiri.

Tak jarang seorang kiper memiliki suara lantang dalam mengatur barisan belakang pertahanan klub yang dibelanya. Mereka juga tak ragu untuk mengomeli rekannya yang teledor.

Begitu pula ketika penjaga gawang melakukan blunder yang merugikan timnya. Sehingga posisi yang begitu sunyi ini sangat istimewa dalam dunia sepak bola di dunia.

Kebanyakan kiper di dunia sepak bola memiliki postur tubuh yang tinggi alias jangkung. Termasuk penjaga gawang di klub-klub Liga 1 2020.

Maka dari itu para penggemar sepak bola nasional tak ada salahnya untuk mengetahui siapa saja kiper-kiper asli Indonesia yang memiliki postur jangkung.

1. Shahar Ginanjar

© Wira Wahyu Utama/INDOSPORT
PSM Makassar melepas kiper Shahar Ginanjar. Copyright: Wira Wahyu Utama/INDOSPORTMantan kiper PSM Makassar Shahar Ginanjar.

Kiper kelahiran Purwakarta 29 tahun silam, Shahar Ginanjar memiliki tinggi badan yang cukup jangkung sejauh ini dari deretan penjaga gawang di Liga 1 2020.

Kiper Persija Jakarta ini memiliki postur hingga 186 cm berdasarkan catatan dari laman Transfermarkt dan Soccerway. Pada 2019 lalu, Shahar mengemas tiga nirbobol (clean sheet) dan kebobolan sebanyak 17 kali dari 12 laga.

Sebelum gabung ke Persija, Shahar Ginanjar sempat membela PSM Makassar Pada akhir 2017 hingga pertengahan 2018, usai dipinjam ke Persija.

2. Nadeo Argawinata 

© Ronaldo Seger Prabowo/INDOSPORT
Kiper Timnas Indonesia U-23, Nadeo Argawinata, dalam pertandingan melawan Singapura di SEA Games 2019 Copyright: Ronaldo Seger Prabowo/INDOSPORTKiper Timnas Indonesia U-23, Nadeo Argawinata, dalam pertandingan melawan Singapura di SEA Games 2019

Selanjutnya ada kiper anyar Bali United Nadeo Argawinata yang juga memiliki postur tubuh cukup jangkung di Liga 1 2020, yakni 187 cm.

Catatan tersebut dinukil dari laman Transfermarkt dan Soccerway. Kiper asal Kediri 22 tahun itu sempat membela Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2019 lalu.

Sebelum gabung ke Bali United, Nadeo pernah membela Borneo FC dan membuat enam nirbobol dan 23 kebobolan dari 19 pertandingan yang dijalaninya.

3. Rivky Mokodompit 

© Muhammad Nur Basri/INDOSPORT
Rivky Mokodompit kiper PSM Makassar. Copyright: Muhammad Nur Basri/INDOSPORTRivky Mokodompit, mantan kiper PSM Makassar.

Kiper paling jangkung di Liga 1 2020 saat ini ialah pemain anyar Persebaya Surabaya Rivky Mokodompit. Penjaga gawang asal Kotamobagu ini memiliki postur hingga 188 cm.

Rivky tampaknya bakal menjalani debut perdana bersama Persebaya di Liga 1 2020 usai Bajol Ijo ditunjuk melakoni laga pembuka melawan Persik.

Sebelum hijrah ke Persebaya, Rivky sempat membela PSM Makassar. Bersama PSM, kiper 31 tahun itu membuat sembilan nirbobol, 34 kebobolan, dari 27 laga.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%