In-depth

Redam Klub Papan Atas, Tim Zona Degradasi Liga Inggris Mulai Menggila

Kamis, 5 Maret 2020 09:01 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© wikipedia
Beberapa klub zona degradasi Liga Inggris secara mengejutkan menampilkan permainan menggila setidaknya sejak pekan kemarin. Copyright: © wikipedia
Beberapa klub zona degradasi Liga Inggris secara mengejutkan menampilkan permainan menggila setidaknya sejak pekan kemarin.

INDOSPORT.COM – Beberapa klub zona degradasi Liga Inggris secara mengejutkan menampilkan permainan menggila setidaknya sejak pekan kemarin.

Meski tak semuanya tim zona degradasi yang memperlihatkan permainan apik itu, akan tetapi sebagian besar dari mereka mampu memberikan perlawanan atau bahkan menghancurkan klub papan atas Liga Inggris.

Beberapa klub papan bawah Liga Inggris yang tampil menggila tersebut adalah AFC Bournemouth, Norwich City dan Watford (sudah tidak di zona degradasi).

Bagaimana tidak, tiga klub di atas mampu menyelesaikan pertandingan di pekan ini tanpa kekalahan. Padahal mereka harus berhadapan dengan klub papan atas Liga Inggris.

Hanya Aston Villa yang belum memperlihatkan permainan apik pada minggu-minggu ini. Mereka dipaksa menyerah di final Piala Liga Inggris 1-2 di tangan Manchester City.

Kejutan datang lebih dulu ketika Bournemouth berhasil menahan imbang Chelsea dengan skor 2-2 pada Sabtu (29/02/20) kemarin. Bukan hal yang mudah mencuri poin ketika berhadapan dengan Chelsea.

Terlebih pada pekan sebelumnya di Liga Inggris, Chelsea mampu mengalahkan Tottenham Hotspur. Modal kemenangan Chelsea itu nyatanya tak berguna ketika bertandang ke markas Bournemouth.

Berbeda dengan Bournemouth, Watford memberikan kejutan setelah berhasil menhancurkan klub tak terkalahkan di Liga Inggris, Liverpool. Mereka menang dengan skor 3-0.

Hampir tidak ada yang memprediksikan bahwa Watford menjadi klub yang berhasil memberikan kekalahan pertama bagi Liverpool di kompetisi Liga Inggris.

© Richard Heathcote/Getty Images
Selebrasi pemain Watford, Ismaila Sarr (kiri) saat menjebol gawang Liverpoool kedua kalinya dalam pertandingan Liga Inggris 2019-2020 pekan ke-28 di Vicarage Road. Copyright: Richard Heathcote/Getty ImagesSelebrasi pemain Watford, Ismaila Sarr (kiri) saat menjebol gawang Liverpoool kedua kalinya dalam pertandingan Liga Inggris 2019-2020 pekan ke-28 di Vicarage Road.

Padahal tim yang identik dengan warna kuning tersebut memiliki modal yang sangat buruk sebelum berhadapan dengan Liverpool, di mana mereka tak pernah menang dalam 6 laga terakhir.

Bahkan Watford harus menelan kekalahan oleh klub kasta ketiga Liga Inggris, Tranmere Rovers FC di Piala FA. Melihat catatan itu, hampir mustahil bagi Watford untuk menghancurkan Liverpool.

Meski dibayangi tren buruk, akan tetapi Watford berhasil memutus catatan minor tersebut dengan cara yang sangat spektakuler, yakni membantai Liverpool. Hasil fantastis itu akhirnya membuat Watford keluar dari zona degradasi.

Selanjutnya, ada Norwich City yang menorehkan kemenangan dua kali saat bertemu dengan klub papan atas Liga Inggris, yakni Leicester City dan Tottenham.

Norwich telah menampilkan permainan apik terlebih dulu ketika berhadapan dengan Leicester City pada pekan ke-28, Sabtu (29/02/20), di mana mereka menang dengan skor 1-0.

Terakhir, Teemu Pukki dan kawan-kawan berhasil menyingkirkan Tottenham di babak kelima Piala FA 2019/20 lewat drama adu penalti (3-2). Pada waktu normal, kedua tim bermain imbang 1-1.

Melihat situasi tersebut, bukan tidak mungkin jika ini merupakan titik awal kebangkitan klub zona degradasi Liga Inggris. Apabila tampil konsisten, bisa saja mereka mampu keluar dari zona merah.