Bola Internasional

Southgate Buka Peluang Bawa Bek Gaek Inggris ke Euro 2020

Kamis, 5 Maret 2020 13:54 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Simon Stacpoole/Offside/Getty Images
Chris Smalling dan Harry Kane di Timnas Inggris. Copyright: © Simon Stacpoole/Offside/Getty Images
Chris Smalling dan Harry Kane di Timnas Inggris.

INDOSPORT.COM - Jelang Euro 2020 yang digelar pertengahan tahun nanti, manajer Inggris Gareth Southgate masih belum memutuskan skuat final yang akan ia bawa. Ia masih membuka peluang masuknya nama-nama baru maupun nama-nama familier yang sudah lama absen dari tim Tiga Singa.

Bek AS Roma yang dipinjam dari Manchester United, Chris Smalling, menjadi nama terbaru yang masuk dalam pertimbangan Southgate. Sejak kepindahannya ke Liga Italia, performa Smalling meningkat pesat.

Bersama Roma, Smalling tampil 21 kali dari 26 laga di Serie A. Ia bahkan turut menyumbangkan dua gol dan satu assist bagi tim asuhan Paulo Fonseca itu. Moncernya performanya ini membangkitkan ketertarikan banyak pihak.

Roma sudah menyatakan minatnya untuk mempertahankan bek Inggris ini. Sementara itu dari Liga Inggris, Jose Mourinho yang  kini mengasuh Tottenham Hotspur juga dikabarkan ingin reuni dengan mantan anak asuhnya itu.

Gareth Southgate pun menjadi pihak terbaru yang kepincut dengan penampilan Smalling. “Saya rasa dia tampil baik di Italia,” ujar Southgate. “Dia bermain di klub besar lain. Dia sebelumnya juga bermain di klub besar.”

“Kami mengamati semua orang karena kami ingin memastikan membuat keputusan yang benar. Saya tak pernah mengabaikan seseorang. Itu tindakan yang salah.”

Smalling sendiri sudah absen membela Inggris sejak 2017. Ketika itu Southgate menyebut alasan ia mencoret Smalling dan memilih pemain lain adalah karena ia membutuhkan bek tengah yang bisa memainkan bola dari belakang.

Southgate pun menyatakan penyesalannya. “Saya menyesali cara saya menyampaikan pesan itu. Dengan memuji kemampuan pemain lain, sama saja saya mengkritik Chris. Itu kesalahan saya dan itu tidak adil untuknya.”

Timnas Inggris memang tengah mengalami krisis di posisi bek tengah. Performa Harry Maguire bersama Setan Merah sedang menurun sedangkan John Stones jarang tampil bersama Manchester City. Krisis ini memaksa Southgate memanggil nama-nama baru seperti Tyrone Mings (Aston Villa) dan Fikayo Tomori (Chelsea).

Berbekal pengalamannya 31 kali memperkuat tim Tiga Singa dan moncernya penampilannya di Italia, peluang Smalling memperkuat Inggris di Euro 2020 semakin besar. Menarik ditunggu apakah Southgate akan memanggil bek 30 tahun itu untuk laga terdekat Inggris, yaitu menghadapi  Italia pada uji coba akhir bulan nanti.