Liga Indonesia

Dirumorkan Pamit dari Liga Thailand, 3 Alasan Yanto Basna Sebaiknya Tak Kembali ke Liga 1

Jumat, 6 Maret 2020 16:01 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Yanto Basna dirumorkan pamit dari Liga Thailand. Apakah layak untuk kembali bermain di Indonesia, di Liga 1 2020? Copyright: © INDOSPORT
Yanto Basna dirumorkan pamit dari Liga Thailand. Apakah layak untuk kembali bermain di Indonesia, di Liga 1 2020?

INDOSPORT.COM - Yanto Basna dirumorkan pamit dari Liga Thailand. Apakah layak untuk kembali bermain di Indonesia, di Liga 1 2020?

Berawal dari unggahannya di media sosial instagram, bek Timnas Indonesia yang kini berkarier di Liga Thailand Yanto Basna, dirumorkan akan segera meninggalkan Negeri Gajah Putih.

Selain memunculkan rumor akan meninggalkan Liga Thailand, unggahan berupa screenshoot gambar dengan tulisan kalimat 'saya pamit' itu juga memunculkan spekulasi, pemain kelahiran Sorong itu akan kembali ke Liga 1 musim ini.

Peluang itu memang sangat terbuka, kerena selain bursa transfer Liga 1 2020 saat ini masih di buka. Kondisi Liga Thailand yang sedang dihentikan karena merebaknya virus corona, juga menguatkan rumor tersebut.

Dengan kualitasnya yang sudah tak perlu diragukan lagi, tak mengherankan jika kemudian banyak klub Liga 1 yang tertarik memakai jasa Yanto Basna jika dirinya memutuskan pamit dari Liga Thailand.

Namun jika melihat beberapa alasan lainya, rasannya belum saatnya untuk Yanto Basna kembali ke Indonesia, bermain di Liga 1 2020. 

Apa saja alasannya? Berikut Indosport merangkumkan.

Kondisi Sepak Bola Thailand

Belum jelas betul apakah unggahan Yanto Basna itu terkait keinginannya untuk hengkang dari Liga Thailand atau bukan. Termasuk apakah alasannya terkait dengan dihentikannya Liga Thailand akibat virus corona saat ini. Jika demikian, maka jelas sudah sepatutnya Yanto Basna lebih mempertimbangkan untuk bertahan di Liga Thailand.

Karena bagaimanapun dampak virus corona buat Liga Thailand, pasti tidak akan berlangsung sangat lama. Cepat atau lambat Liga Thailand akan kembai bergulir.

 Jikapun alasannya karena virus corona, di Liga 1 2020 pun ada kemungkinna kompetisi untuk dihentikan. Terbukti sudah ada satu pertandingan, Persija vs Persebaya yang mengalami penundaan akibat virus yang berawal di China itu.

Maka itu alih-alih meninggalkan Liga Thaialnd yang sedang dihentikan. Ada baiknya Yanto Basna bertahan dan jangan dulu kembali ke Liga 1.

Karier Menanjak

Alasan selanjutnya Yanto Basna sebaiknya tak dulu kembali ke Liga 1 saat ini adalah karena kariernya masih sangat menanjak di Liga Thailand.

Menanjaknya karier Yanto Basna setidaknya bisa dilihat dari kepindahannya musim ini ke klub yang jauh lebih baik, klub juara Liga Thailand musim lalu, PT Prachuap FC. Setelah sebelumnya bermain di Sukhothai FC.

Dengan kondisi tersebut, maka jelas bahwa kualitas Yanto Basna begitu diakui di Liga Thaialnd. Apa lagi selama memperkuat PT Prachuap FC di muism ini, dirinya selalu dipercaya bermain sejak menit awal, di empat pertandingan Liga Thailand yang sudah berjalan.

Usia Emas

Selain bicara kualitas, usia yang baru menginjak 24 tahun juga menjadi alasan berikutnya Yanto Basna sebaiknya tak buru-buru kembali ke Indonesia.

Dengan usia yang terhitung merupakan awal masa keemasan seorang pesepak bola, menjadi sayang rasannya jika eks Persib Bandung itu kembali ke Liga 1 saat ini.

Sebab dengan pengalamannya dua musim lebih di Thailand, kompetisi yang tak bisa dipungkiri lebih baik dari Indonesia, kemampuannya tentu akan lebih bisa meningkat lebih baik.

Hal tersebut tentu akan berdampak postif bukan hanya untuk dirinya, namun juga buat Timnas Indonesia. Terlebih, sebenarnya Yanto Basna sendiri punya impian untuk melanjutkan karier di Liga Jepang, dengan batu loncatan di Liga Thailand sata ini.

Maka dari itu, apapun alasan di balik unggahan Yanto Basna di instagram pribadinya itu. Semoga saja karier palang pintu Timnas Indonesia itu bisa terus mengalami peningkatan karier di Liga Thailand, bisa ke Liga Jepang atau bahkan ke Eropa.