Bola Internasional

3 Klub Liga 1 yang Hancur di Play-off Liga Champions Asia

Minggu, 29 Maret 2020 13:48 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© CNNPhilipines
Berikut 3 klub Liga 1 yang hancur ketika bermain di babak play-off kompetisi Liga Champions Asia dalam beberapa tahun terakhir. Copyright: © CNNPhilipines
Berikut 3 klub Liga 1 yang hancur ketika bermain di babak play-off kompetisi Liga Champions Asia dalam beberapa tahun terakhir.

INDOSPORT.COM – Berikut 3 klub Liga 1 yang hancur ketika bermain di babak play-off kompetisi Liga Champions Asia dalam beberapa tahun terakhir.

Seperti yang diketahui, Liga Champions Asia merupakan salah satu turnamen paling bergengsi di benua ini. Sayangnya, klub Liga 1 tak bisa berbicara terlalu banyak di ajang tersebut.

Bahkan beberapa wakil Indonesia justru harus hancur ketika baru melangkah di babak play-off Liga Champions Asia. Situasi ini memang cukup mengecewakan.

Kendati demikian, pecinta sepak bola nasional tentunya ingin kembali menyaksikan klub Liga 1 bertarung di babk penyisihan Liga Champions Asia dalam waktu dekat ini.

Terakhir kali wakil Indonesia bermain di ajang paling bergengsi di benua ini yakni pada Liga Champions Asia 2011 lalu. Arema menjadi satu-satunya klub tanah air saat itu.

Sayangnya, Singo Edan harus mendekam di peringkat terakhir klasemen akhir Grup G Liga Champions Asia 2011 dengan torehan satu poin.

Terlepas dari itu, kali ini INDOSPORT akan merangkum 3 klub Liga 1 yang hancur ketika bermain di babak play-off Liga Champions Asia dalam beberapa musim terakhir.

Persipura Jayapura

© Grafis: Indosport.com
Logo Persipura Jayapura. Copyright: Grafis: Indosport.comLogo Persipura Jayapura.

Persipura Jayapura nyatanya sempat mengalami kehancuran saat bermain di babak play-off Liga Champions Asia musim 2012 lalu.

Saat itu mereka harus berhadapan dengan wakil Australia, Adelaide United di putaran akhir babak play-off Liga Champion Asia 2012.

Saat itu, penyerang-penyerang andalan Mutiara Hitam, seperti Beto Goncalves dan Titus Bonai tak mampu melakukan selebrasi sama sekali.

Persipura harus tertunduk usai kalah dengan skor 0-3. Tiga gol Adelaide itu disarangkan melalui aksi Nigel Boogaard, Yevhen Levchenko, dan Sergio van Dijk.

Persib Bandung

© Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Persib Bandung Copyright: Eli Suhaeli/INDOSPORTLogo Persib Bandung.

Persib Bandung sebenarnya mendapatkan kesempatan untuk bermain di Liga Champions Asia 2015 lalu. Berstatus sebagai juara ISL 2014, Persib harus melalui babak play-off terlebih dahulu.

Sayangnya, Persib harus mendapatkan hasil buruk ketika bermain di putaran kedua babak play-off Liga Campions Asia 2015. Itu terjadi ketika mereka bertemu wakil Vietna, Hanoi FC.

Bermain di markas lawan, Persib dipaksa menyerah 0-4 di ajang tersebut. Sekedar informasi, Gonzalo Marronkle dan Hoang Vu Samson, mampu mencatatkan brace di laga itu.

Persib saat itu sebenarnya bisa memperkecil ketinggalan, setelah mereka mendapatkan hadiah penalti. Sayangnya Makan Konate yang bertugas sebagai algojo tak mampu mencetak angka.

Bali United

© adhyasta.com/galerypng.blogsport.com
Logo Bali United. Copyright: adhyasta.com/galerypng.blogsport.comLogo Bali United.

Yang paling terbaru, ada juara Liga 1 2019 Bali United. Mereka harus menelan kekalahan telak 0-5 saat bertarung di putaran kedua play-off Liga Champions Asia 2020 melawan Melbourne Victory.

Wakil Australia tersebut memang begitu perkasa dan sulit dikalahkan. Pada babak pertama saja, Bali United sudah tertinggal 0-2 lewat aksi Migjen Basha dan Josh Hope.

Melbourne Victory pun akhirnya mencetak tiga gol tambahan di babak kedua. Tiga gol itu dikreasikan melalui sontekan Robbie Kruse, Ola Toivonen dan Elvis Kamsoba.

Hasil ini pun membuat Bali United tersingkir di ajang Liga Champions Asia 2020 dan bersaing di Piala AFC 2020. Mereka berjuang di ajang itu bersama klub Liga 1 lainnya, yakni PSM Makassar.