Bola Internasional

Mengenang Ketika Pemain Berdarah Indonesia Mencetak Gol Spektakuler di Piala Dunia

Senin, 30 Maret 2020 19:39 WIB
Editor: Coro Mountana
© zimbio
Giovanni van Bronchorst Copyright: © zimbio
Giovanni van Bronchorst

INDOSPORT.COM – Marilah kita mengenang sosok pemain berdarah Indonesia yang pernah mencetak gol spektakuler di ajang sebesar Piala Dunia.

Pemain berdarah Indonesia itu adalah Giovanni van Bronckhorst yang pernah mencetak gol spektakuler ketika membela Belanda di ajang Piala Dunia 2010. Ketika itu Giovanni van Bronckhorst sedang memimpin Belanda melawan Uruguay di semifinal Piala Dunia.

Bertindak sebagai kapten, Giovanni van Bronckhorst tentu memiliki beban moral untuk memimpin teman-temannya agar bisa menang atas Uruguay. Oleh karena itu di laga tersebut, Giovanni van Bronckhorst tampak bermain begitu serius dan penuh determinasi.

Mendapatkan umpan datar dari tengah, Giovanni van Bronckhorst yang melihat posisi kiper Uruguay, Fernando Muslera sedikit maju. Ia pun langsung menembak dari jarak 25 meter dengan jarak yang sangat miring.

Tendangan roket Giovanni van Bronckhorst pun langsung menghantam tiang sebelum masuk dan membawa Belanda unggul 1-0 di menit ke-18. Gol Giovanni van Bronckhorst terjadi begitu indah karena berasal dari sisi lapangan dengan jarak 25 meter.

Gol Giovanni van Bronckhorst pun dinobatkan oleh FIFA dalam akun Youtube-nya sebagai salah satu gol terbaik dengan menempati posisi kedua. Di akhir laga itu sendiri, Giovanni van Bronckhorst akhirnya berhasil membawa Belanda ke final usai kalahkan Uruguay, 3-2.

Yang membanggakan buat kita adalah Giovanni van Bronckhorst merupakan pemain Belanda berdarah Indonesia.

Giovanni van Bronckhorst, Berdarah Maluku

Melansir video wawancaranya dengan Arsenal Tours tahun 2013 silam, Gio panggilan akrab Giovanni van Bronckhorst tak menampik jika ia mempunyai darah Indonesia dan menjelaskan jika ibu kandungnya berasal dari Indonesia.

"Nenekku lahir di Indonesia, mereka baru datang ke Belanda pada tahun 1950. Ibuku juga berasal dari sana (Indonesia). Indonesia merupakan negara yang besar dengan banyak pulau, dan keluarga besarku berasal dari salah satu pulau kecil di sana," ucapnya.

"Aku belum pernah mengunjungi daerah tempat nenekku lahir, namun nanti saat anakku mulai dewasa, aku akan melakukan perjalanan ke sana (Maluku) agar mereka tahu di mana kampung halaman mereka," tambah Gio.

Sang ibu yang bernama Fransien Sapulette merupakan orang Maluku asli yang membuat Giovanni van Bronckhorst sangat penasaran dengan Indonesia. Meski tidak membela Timnas Indonesia, Giovanni van Bronckhorst tetap telah mengharumkan nama merah putih.

Setidaknya pernah tercatat kalau ada pemain berdarah Maluku yang bisa mencetak gol spektakuler di Piala Dunia 2010, dan itu diakui oleh FIFA.