Bola Internasional

Resmi! UEFA Batalkan Liga Champions dan Liga Europa karena Virus Corona

Rabu, 1 April 2020 22:47 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Rafif Rahedian
© Yuhariyanto/INDOSPORT/INTERNAT
Federasi Sepak Bola Eropa, UEFA secara resmi membatalkan seluruh pertandingan internasional di bulan Juni menyusul belum redanya pandemi COVID-19 akibat virus corona. Copyright: © Yuhariyanto/INDOSPORT/INTERNAT
Federasi Sepak Bola Eropa, UEFA secara resmi membatalkan seluruh pertandingan internasional di bulan Juni menyusul belum redanya pandemi COVID-19 akibat virus corona.

INDOSPORT.COM - Federasi Sepak Bola Eropa, UEFA secara resmi membatalkan seluruh pertandingan internasional di bulan Juni menyusul belum redanya pandemi COVID-19 atau virus corona.

Dampak belum meredanya pandemic Covid-19 akibat virus corona di Benua Eropa, membuat UEFA kembali mengeluarkan keputusan baru.

Keputusan yang diambil setelah diadakannya pertemuan antara 55 Negara anggota UEFA, Rabu (01/04/20) itu adalah bahwa pertandingan yang diagendakan akan dihelat pada Juni mendatang, semuannya ditunda dalam batas waktu yang belum dipastikan.

“Semua pertandingan tim nasional untuk pria dan wanita yang akan dimainkan pada Juni 2020 ditunda hingga pemberitahuan lebih lanjut. Ini termasuk pertandingan play-off UEFA EURO 2020 dan pertandingan kualifikasi untuk UEFA Wanita EURO 2021,” tulis UEFA dalam pengumuman di halaman resminya.

Dengan begitu, agenda UEFA seperti Liga Champions dan Liga Europa juga bakal terkena dampaknya. Belum dipastikan kapan dua ajang tersebut kembali digelar.

Selain itu, dalam pengumannya UEFA juga memberikan keringanan waktu bagi Federasi Sepak bola tiap negara anggotanya, terkait masalah lisensi klub dan juga aturan finansial atau keuangan klub.

“Komite Eksekutif menegaskan kembali komitmen penuhnya untuk perizinan klub dan Financial Fair Play dan setuju bahwa keadaan luar biasa saat ini memerlukan beberapa intervensi khusus untuk memfasilitasi pekerjaan federasi anggota dan klub.”

“Ini mendukung proposal untuk memberikan federasi anggota lebih banyak waktu untuk menyelesaikan proses lisensi klub, sampai proses penerimaan untuk kompetisi klub UEFA musim depan telah didefinisikan ulang,” bunyi keputusan UEFA.

Sementara terkait kompetisi musim mendatang, 2020/21, UEFA juga memastikan melakukan penundaan hingga adanya pemberitahuan lebih lanjut, khususnya mengenai proses penerimaan dan pendaftaran pemain.