In-depth

Mengenang Kejayaan, di Mana Skuat Juara ISL 2014 Persib Bandung Sekarang?

Kamis, 2 April 2020 14:10 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© INDOSPORT
Gelar juara Indonesia Super League (ISL) 2014 yang diraih Persib Bandung jadi momen tak terlupakan. Lalu, di mana skuat juara mereka saat ini? Copyright: © INDOSPORT
Gelar juara Indonesia Super League (ISL) 2014 yang diraih Persib Bandung jadi momen tak terlupakan. Lalu, di mana skuat juara mereka saat ini?

INDOSPORT.COM - Gelar juara Indonesia Super League (ISL) 2014 yang diraih Persib Bandung jadi momen tak terlupakan. Lalu, di mana skuat juara mereka saat ini?

Gelar juara Indonesia Super League (ISL) 2014 yang diraih Persib Bandung 7 November 2014 silam, menjadi momen yang tidak bisa dilupakan oleh Bobotoh dan para pemain

Pertemuan Persib Bandung vs Persipura Jayapura di final bukan hanya sekadar pertandingan dua tim besar era perserikatan. Namun lebih dari itu, laga menghadapi Persipura selalu bisa menghadirkan kisah manis buat Bobotoh.

Benar saja, pada laga final itu Maung Bandung sanggup menang dramatis lewat babak adu penalti.  Persib Bandung akhirnya melepas dahaga dua dekade tak merengkuh gelar juara di kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Momen itu pun menjadi kenangan tak terlupakan para pemain. Lalu, di mana skuat juara ISL 2014 Persib Bandung saat ini berada?

I Made Wirawan

I Made Wirawan tampil impresif di musim 2014. Made jadi salah satu sosok yang berjasa besar mengantar Persib ke tangga juara. 

Di tahun 2020 ini I Made Wirawan nyatanya tetap setia bersama Maung Bandung. Walau tak lagi tampil reguler, namun keberadaannya tetap dibutuhkan Persib seperti saat ketika menggantikan Teja Paku Alam di laga menghadapi PSS Sleman. 

Supardi

Sama seperti I Made Wirawan, Supardi pun sampai musim 2020 ini tetap setia berseragam Persib Bandung. Pemain yang kini mengemban ban kapten itu masih setia posisi inti barisan bek kiri Maung Bandung. 

Vladimir Vujovic

Vladimir Vujovic menjadi tembok kokoh pertahanan Persib di musim 2014. Duetnya dengan Achmad Jufriyanto menjadi salah satu yang terbaik di ISL. 

Kebersamaan Vujovic bersama Persib usai di musim akhir musim 2017 setelah sang pemain memutuskan hijrah ke Bhayangkara FC. 

Hanya semusim di Bhayangkara, Vujovic akhirnya pensiun dan melanjutkan karier kepelatihan. Sempat menangani tim PSIM Yogyakarta di Liga 2, kini Vujovic diketahui belum memiliki klub asuhan baru. 

Achmad Jufriyanto

Achmad Jufiryanto bergabung dengan Persib sejak 2013 silam. Ia pun berjasa besar dalam mengantar Persib ke tangga juara. 

Pada 2015 Jupe (sapaan akrabnya) memutuskan hengkang ke Sriwijaya FC. Selepas dari Sriwijaya, Jupe sempat dua kali kembali ke Persib yakni pada 2017-2018 dan 2019. Di musim 2020 ini Jupe dipinjamkan ke klub Bhayangkara FC. 

Tony Sucipto

Tony Sucipto bisa dibilang sebagai salah satu legenda Persib Bandung. Toncip membela panji Pangeran Biru dari musim 2011-2018. 

Prestasi terbaiknya tentu saja adalah membawa Persib menjuarai ISL 2014 dan Piala Presiden 2015. Kini, di ujung kariernya Toncip memutuskan kembali menyebrang ke klub lamanya Persija Jakarta di Liga 1 2020. 

Hariono

Hariono menjadi pilihan utama Persib di musim gemilang 2014. Pemain yang setia membela Persib ini terus menjadi bagian tim inti sebelum musim 2020. 

Di bawah asuhan pelatih Robert Rene Alberts, nama Hariono tersingkir dari skuat untuk musim 2020. Sang pemain pun lebih memilih hengkang ke Bali United di tahun 2020 ini. 

Firman Utina

Firman Utina adalah kapten Persib di ISL musim 2014. Perannya yang sentral di lini tengah membantu Maung Bandung mencapai puncak kejayaan. 

Namun, selang semusim setelah merasakan gelar juara, Firman Utina memutuskan hengkang ke Sriiwjaya FC. Kini, pemain Timnas Indonesia itu sudah pensiun sebagai pemain dan kini aktif mengurus APPI (Asosiasi Pesepak bola Profesional Indonesia).

Makan Konate

Nama Makan Konate begitu dielu-elukan di Bandung. Konate bermain bagus sebagai seorang playmaker hingga mengantarkan Persib ke tangga juara 2014. 

Saat ini, pemain kelahiran Mali itu sudah tidak di Persib Bandung dan memperkuat klub Persebaya Surabaya. Sebelum ke Surabaya, ia terlebih dahulu bermain untuk tim rival, Arema FC.
  
M. Radwan 

Sama seperti Supadri, M. Ridwan adalah pemain senior yang diandalkan di sisi sayap Persib Bandung. Ridwan bermain sebagai tim inti di musim 2014. 

M. Ridwan memutuskan hengkang dari Persib pada musim 2016 dan bergabung dengan Sriwijaya sebelum akhirnya pensiun di tim PSIS Semarang pada 2017. Saat ini M. Ridwan menjadi pelatih tim junior di klub PSIS. 

Tantan

Tantan adalah pemain senior lainnya yang memperkuat tim Persib pada musim 2014. Walau tak banyak mencetak gol, namun perannya yang sentral dalam menusuk sisi sayap sangat dibutuhkan Maung Bandung. 

Eks pemain Persitara Jakarta Utara itu saat ini tengah memperkuat tim PSKC Cimahi di Liga 2 2020. 

Ferdinand Sinaga

Duet Ferdinand Sinaga dengan Spasojevic jadi momok menakutkan bagi lawan-lawan Persib pada musim 2014. Saat ini, pemain 'bengal' berjuluk The Dragon itu bermain untuk klub PSM Makassar di Liga 1 2020. 

Spasojevic

Keputusan Persib untuk mendatangkan striker asing Ilija Spasojevic ternyata keputusan tepat. Spaso menjadi mesin gol untuk Persib di musim juara 2014. 

Saat ini, pemain yang sudah berstatus naturalisasi itu bermain untuk klub besar lainnya, Bali United, di Liga 1 2020.