Bola Internasional

Pendaftaran Tuan Rumah Piala Asia 2027 Diperpanjang, Arab Saudi Punya Kans

Jumat, 3 April 2020 09:50 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© the-afc.com
AFC memperpanjang pendaftaran tuan rumah Piala Asia 2027 karena pandemi virus Corona. Copyright: © the-afc.com
AFC memperpanjang pendaftaran tuan rumah Piala Asia 2027 karena pandemi virus Corona.

INDOSPORT.COM - Pandemi virus Corona yang belum kunjung selesai membuat Federasi Sepak Bola Asia (AFC) memperpanjang pendaftaran tuan rumah Piala Asia 2027.

Dilansir dari laman resmi AFC, pendaftaran tuan rumah Piala Asia 2027 diperpanjang hingga 30 Juni 2020 mendatang. Sebelum adanya pandemi virus Corona, tenggat waktu pendaftaran adalah 31 Maret 2020.

"Keputusan itu dibuat berdasarkan perkembangan saat ini dalam pandemi COVID-19 yang memungkinkan organisasi yang terkena dampak memiliki waktu yang cukup untuk memenuhi proses dan jadwal internal mereka," tulis laman resmi AFC.

Dilansir dari vocketfc, Arab Saudi memiliki kans besar menjadi tuan rumah. Hal itu karena sang juara tiga kali ini belum pernah menjadi tuan rumah sejak Piala Asia bergulir pada 1956 silam.

Presiden Asosiasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF), Yasser Al Mesiha, yakin kalau negaranya akan memenangkan persaingan menjadi tuan rumah.

"Kami memiliki rekam jejak yang baik dan banyak keberhasilan di tingkat Asia yang diraih oleh klub dan skuat nasional," kata Yasser.

"Kami menantikan dukungan kuat dari pemerintah dan masyarakat Arab Saudi untuk terus menyelenggarakan turnamen sepak bola bergengsi ini pada 2027," ucapnya menambahkan.

Sejak Piala Asia bergulir pada 1956 silam, Timnas Jepang menjadi negara yang sukses memperoleh juara paling banyak yakni empat kali.

Pada Piala Asia 2019 lalu, gelar juara diraih oleh Qatar setelah berhasil mengalahkan Jepang di partai final dengan skor 3-1.

Timnas Indonesia sendiri tahun lalu gagal lolos ke Piala Asia mengikuti jejak negara Asia Tenggara lainnya yakni Filipina, Thailand, Australia, dan Vietnam.

Kegagalan itu terjadi setelah Timnas Indonesia disanksi FIFA saat babak kualifikasi yang disatukan dengan Kualifikasi Piala Dunia 2018 ronde kedua. Terakhir kali Timnas Indonesia tampil di Piala Asia yaitu pada 2007 silam saat berstatus sebagai tuan rumah.