Bola Internasional

Pandemi Corona Sebabkan Perubahan Kontrak Pemain dan Bursa Transfer

Rabu, 8 April 2020 04:50 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Rafif Rahedian
© Eli Suhaeli/INDOSPORT
Federasi Sepak Bola Dunia, FIFA mengusulkan perubahan terkait kontrak pemain dan waktu bursa transfer, dampak tertundanya kompetisi akibat virus corona. Copyright: © Eli Suhaeli/INDOSPORT
Federasi Sepak Bola Dunia, FIFA mengusulkan perubahan terkait kontrak pemain dan waktu bursa transfer, dampak tertundanya kompetisi akibat virus corona.

INDOSPORT.COM – Federasi Sepak Bola Dunia, FIFA mengusulkan perubahan terkait kontrak pemain dan waktu bursa transfer, dampak dari tertundanya kompetisi akibat virus corona.

Bukan hanya menyebabkan kompetisi sepak bola harus terhenti, pandemi virus corona yang melanda dunia juga menyebabkan perubahan lainnya, seperti kontrak pemain dan juga waktu jendela bursa transfer.

Masalah kontrak pemain misalnya, di saat kompetisi berhenti dan entah kapan akan kembali bergulir, ada sejumlah pemain yang kontraknya akan habis pada Juni atau Juli mendatang.

Namun lantaran di masa itu, kemungkinan kompetisi musim ini belum akan selesai, maka FIFA kemudian memberi sebuah saran yang juga dikaitkan dengan masalah dibukanya jendela bursa transfer.

Lewat halaman resminya, FIFA menyarankan agar kontrak pemain yang seharusnya usai pada Juni atau Juli ini, diperpanjang secara otomatis hingga kompetisi benar-benr usia.

"Kontrak pemain yang kedaluwarsa biasanya berakhir ketika musim juga usai atau dengan tanggal penghentian yang bertepatan dengan akhir musim.”

“Dengan ditundanya kompetisi di sebagian besar negara sekarang, jelas bahwa musim saat ini tidak akan berakhir di waktu yang semestinya. Oleh karena itu, diusulkan agar kontrak diperpanjang hingga waktu musim benar-benar berakhir,” tulis FIFA.

Sementara terkait waktu jendela bursa transfer, FIFA mengusulkan agar dibuka secara fleksibel, yaitu di antara akhir musim ini, sampai awal musim yang akan datang.

"Sekali lagi, perlu untuk menyesuaikan aturan normal dengan keadaan faktual saat ini. Dengan demikian, FIFA akan fleksibel untuk memungkinkan jendela transfer dipindahkan jatuh di antara akhir musim ini dan awal musim baru,” tulis FIFA.

Dalam usulnya itu, FIFA juga menekankan agar koordinasi nantinya antara semua pihak yang terlibat di sepak bola harus tetap menekankan pentingnya untuk saling melindungi keteraturan, integritas dan berjalannya kompetisi. Sehingga semua kompetisi tak akan terganggu.