Bola Internasional

Terkuak! Ternyata PSSI-nya Vietnam Tak Pernah Bayar Gaji Park Hang-seo

Kamis, 9 April 2020 10:14 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Football Tribe
Pelatih asal Korea Selatan, Park Hang-seo ternyata tak pernah memperoleh gaji dari Asosiasi Sepak Bola Vietnam (VFF). Copyright: © Football Tribe
Pelatih asal Korea Selatan, Park Hang-seo ternyata tak pernah memperoleh gaji dari Asosiasi Sepak Bola Vietnam (VFF).

INDOSPORT.COM - Krisis keuangan karena pandemi virus corona tidak membuat Asosiasi Sepak Bola Vietnam (VFF) berpikir untuk memotong gaji pelatih Park Hang-seo.

Hal itu jelas berbeda dengan PSSI yang baru saja menyusun rencana untuk memotong gaji pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dan seluruh stafnya.

Dilansir dari thethao, ada alasan kuat mengapa VFF tidak ingin memotong gaji Park Hang-seo. Ternyata selama ini VFF tidak pernah mengeluarkan uang untuk memberikan upah ke pelatih berusia 62 tahun itu.

Sejak bergabung bersama Vietnam pada 2017 lalu, selama 2 tahun gaji Park Hang-seo dibayarkan secara pribadi oleh eks wakil presiden VFF, Bau Duc.

Setelah itu, VFF telah sukses memperoleh sponsor untuk membayar gaji Park Hang-seo sebesar 50 ribu USD atau setara 808 juta rupiah per bulan.

VFF sendiri hanya mengeluarkan uang untuk mendukung fasilitas olahraga yang dibutuhkan untuk latihan para pemain Timnas Vietnam.

"Dalam kontrak pertama, Bau Duc, yang saat itu Wakil Presiden Keuangan Federasi Sepakbola Vietnam, secara sukarela membayar gaji penuh Park selama 2 tahun,"

"Wakil Ketua VFF Cao Van Chon juga mengonfirmasi bahwa Park Hang Seo dan gaji para ahli asing dibayar dari 100% sumber yang disosialisasikan," tulis thethao.

Sementara itu, nasib pahit justru dialami oleh pelatih Timnas Thailand, Akira Nishino, yang telah resmi diumumkan gajinya dipotong sebesar 50 persen.

Pandemi virus corona memang membuat keuangan klub dan asosiasi sepak bola khususnya wilayah Asia Tenggara menjadi kacau.