Bola Internasional

Media Asing Singgung Hanya 3 Pemain Indonesia Berani Main di Luar

Selasa, 21 April 2020 18:09 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Isman Fadil
© lechia.pl
Media Asing soroti hanya ada 3 pemain Indonesia yang berani berkarir di luar negeri. Copyright: © lechia.pl
Media Asing soroti hanya ada 3 pemain Indonesia yang berani berkarir di luar negeri.

INDOSPORT.COM - Musim ini hanya ada tiga nama pemain dari Indonesia yang memutuskan untuk berkarir di luar negeri ketimbang bermain di Liga 1 2020.

Tiga pemain itu yakni bek Timnas Indonesia, Rudolof Yanto Basna, yang sudah sejak 2018 lalu bermain di Liga Thailand. Musim ini ia menjadi rekrutan anyar klub bernama PT Prachuap FC.

Kemudian ada Egy Maulana Vikri yang bergabung bersama klub kasta tertinggi Liga Polandia. Sementara itu, Witan Sulaeman menjadi pemain terakhir yang dikontrak klub Liga Serbia bernama Radnik Surdulic.

Hal tersebut kemudian membuat media asing, vocketfc, menyoroti minimnya minat pemain Indonesia untuk berkarir di luar negeri.

"Sebagaimana diketahui, tidak banyak pemain Indonesia yang merumput di klub luar negeri. Pada musim 2020, tercatat hanya ada beberapa pemain yang bertahan di negeri orang,"

"Mereka adalah Egy Maulana (Lechia Gdansk/Polandia), Witan Sulaeman (FK Radnik Surdulica/Serbia), dan Yanto Basna (PT Prachuap FC/Thailand)," tulis vocketfc.

Alasan mengapa tidak banyak pemain Indonesia yang ingin berkarir di luar negeri pernah disinggung oleh jebolan Timnas Indonesia U-23, Bagas Adi Nugroho. 

Dalam menjawab pertanyaan dari netizen di twitter, Bagas menjelaskan kalau ia takut hanya akan menjadi cadangan.

Bila bermain di Liga 1 2020, akan memungkinkan pemain untuk bersaing memperebutkan skuat utama. Apalagi di usia muda, pemain membutuhkan jam terbang dan pengalaman bertanding.