Liga Indonesia

Demi Warga Malang, Waketum PSSI Iwan Budianto Beri Bantuan Lawan Corona

Minggu, 26 April 2020 00:18 WIB
Penulis: Ian Setiawan, Bayu Wira Handyan | Editor: Coro Mountana
© Media PSSI
Demi Warga Malang, Waketum PSSI Iwan Budianto Beri Bantuan Lawan Corona. Copyright: © Media PSSI
Demi Warga Malang, Waketum PSSI Iwan Budianto Beri Bantuan Lawan Corona.

INDOSPORT.COM - Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto bukanlah sosok yang baru di dunia sepak bola utamanya di daerah Malang.

IB begitu dirinya akrab disapa, beberapa minggu terakhir memilih mengisolasi diri sendiri dan tetap berada di Malang di tengah kondisi kompetisi yang saat ini dihentikan sampai situasi kembali normal.

Meskipun secara fisik melakukan anjuran protokol pemerintah, tapi kecemasannya terhadap dampak virus corona menyerang warga Malang menjadi kekhawatirannya.

Karenanya, pria berusia 45 tahun kelahiran Malang ini melakukan berbagai program untuk membantu warga maupun pihak yang terdampak Corona.

“Sebagai arek Malang, kami merasa prihatin dan terpanggil. Memang sepak bola kita sedang susah, semua klub dalam kondisi sulit, begitu juga PSSI. Namun, ada yang lebih susah dan sulit berkelit dari adanya Covid,” kata IB.

Kalangan yang dimaksud IB adalah kalangan medis, petugas keamanan, pekerja informal, pekerja harian, dan para pengendara ojek online. Dirinya menyatakan jika mereka harus mendapat sentuhan pertolongan.

Untuk mengaktulisasikan program tersebut, IB menggandeng mantan klub yang pernah dinaunginya yakni Arema FC. Dengan melibatkan dan kerjasama dengan para pemuda dan karangtaruna di sekitar domisili Kandang Singa, Kantor Arema FC Jl Mayjen Panjaitan 42.

“Aksi ini kami namakan, Bakti Arema FC untuk Arek Malang. Inspirasinya adalah, klub ini telah dibesarkan dan dirawat oleh Arek-Arek Malang,” paparnya sambal berkaca-kaca.

Program aksi yang dilakukan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Mulai saat awal Corona mewabah pada pertengahan Maret lalu, dilakukan aksi penyemprotan disinfektan di sejumlah lokasi, utamanya fokus di kawasan sekitar Kandang Singa yakni di Betek Kelurahan Penanggungan.

Selanjutnya pembagian hand sanitizer, sabun, masker, dan disusul dengan pembagian sembako, serta nasi bungkus bagi para pengendara ojek online dan pekerja harian.

Dirinya melanjutkan jika nantinya ketika rantai penyebaran telah terputus dan kondisi akan stabil maka sepak bola akan bisa kembali digelar. Termasuk juga program program PSSI bakal bisa kembali dijalankan.

Apalagi, Indonesia tercatat memiliki banyak agenda sepakbola internasional mulai dari Piala AFF sampai dengan persiapan Piala Dunia U-20.