Bola Internasional

Bangalore Muslims, Klub Islam Pertama yang Rusak Dominasi Inggris

Selasa, 12 Mei 2020 17:17 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© thequint
Mari mengenal Bangalore Muslims, klub muslim pertama asal India yang berhasil merusak dominasi Inggris. Copyright: © thequint
Mari mengenal Bangalore Muslims, klub muslim pertama asal India yang berhasil merusak dominasi Inggris.

INDOSPORT.COM – Mari mengenal Bangalore Muslims, klub muslim pertama asal India yang berhasil merusak dominasi Inggris.

Bangalore Muslims sendiri bisa dikatakan sebagai pahlawan yang terlupakan setelah berhasil mengalahkan resimen Inggris di ajang Piala Rovers.

Itu terjadi ketika Ketua Lembaga Pendidikan Al-Ameen, Mumtaz Ali Khan menemukan foto usang Bangalore Muslims di ruang olahraga Bengaluru Al-Ameen College.

"Ini dia, salah satu dari beberapa foto yang tersisa dari tim bersejarah itu (Bangalore Muslims),” kata Mumtaz Ali Khan, seperti dilansir dari laman thequint.com.

Foto-foto tersebut terlupakan, namun itu akan menjadi kenangan yang berharga. Bagaimana tidak, Bangalore Muslims pernah menempatkan diri di peta sepak bola dunia.

© thequint
Tim Bangalore Muslim. Copyright: thequintBangalore Muslims, klub muslim pertama asal India yang berhasil merusak dominasi Inggris.

“Pemenang Piala Rovers 1937. Klub sepak bola Bangalore Muslim. Tim India pertama yang memenangkan trofi ini sejak dimulainya turnamen,” bunyi judul foto tersebut.

Para pemain Bangalore Muslims di foto ini terlihat mengenakan kemeja berkerah panjang berwarna hitam dengan saku dan kerah putih.

Bangalore Muslims juga disebut sebagai geng tanpa sepatu yang mampu merusak dominasi Inggrs dalam ajang Piala Rovers.

“Piala Rovers sendiri adalah yang tertua kedua dari tiga turnamen besar di negara ini, dimulai pada 1891. Selama tahun-tahun awal, turnamen ini hanya menyertakan tim sepak bola dari resimen tentara Inggris.”

Pada awal 1910-an, Bengal United menjadi wakil India dalam turnamen ini. Bengal United sendiri merupakan sebuah tim yang terdiri dari tentara India. Namun sayangnya, mereka gagal.

Beralih pada 1923, klub sepak bola sipil India, Mohun Bagan, mendapatkan izin untuk berpartisipasi dalam turnamen Piala Rovers.

Meskipun saat itu mereka berhasil mencapai final, sayangnya, Mohun Bagan belum mampu mencetak sejarah sebagai klub India pertama yang menjuarai Piala Rovers.

Sampai pada waktunya, gerombolan pria bertelanjang kaki dari Bangalore Muslims mampu menciptakan sejarah di Stadion Cooperage Bombay.

Menurut arsip berita, ada lebih dari 20 ribu penonton yang berkumpul di Stadion Cooperage Bombay untuk menyaksikan partai final yang mempertemukan dua tim India.

Pertandingan final Piala Rovers tersebut berakhir 1-0, dengan Laxminarayan dari Bangalore Muslims mencetak gol kemenangan.

Bangalore Muslims sendiri berhasil menginjakkan kakinya ke partai dinal Piala Rovers 1937 setelah berhasil menyingkirkan resimen Inggris.

Setahun kemudian, Bangalore Muslims mengangkat trofi lagi, kali ini mengalahkan resimen Argyll dan Sutherland Highlanders dari tentara Inggris.