Liga Spanyol

Pensiun, Aduriz Tinggalkan Momen Spesial Permalukan Barcelona

Kamis, 21 Mei 2020 10:32 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Twitter @AthleticClub
Selebrasi Aritz Aduriz usai membawa Athletic Bilbao menang atas Barcelona berkat gol tunggalnya. Copyright: © Twitter @AthleticClub
Selebrasi Aritz Aduriz usai membawa Athletic Bilbao menang atas Barcelona berkat gol tunggalnya.

INDOSPORT.COM – Pensiun di tengah LaLiga Spanyol yang masih dihentikan karena pandemi virus corona, Aduriz meninggalkan momen spesial saat dirinya bisa mempermalukan Barcelona.

Meski kompetisi LaLiga Spanyol 2019/20 belum resmi berakhir, penyerang Athletic Bilbao Aritz Aduriz telah memutuskan pensiun, pada Rabu (20/05/20).

Kepastian itu diumumkan pesepak bola 39 tahun itu lewat halaman twitter resminya, @AritzAduriz11. Bahwa dirinya akan mengakhiri karier, setelah dokter tak lagi merekomendasikannya untuk bermain, karena masalah cedera pinggul.

"Waktunya telah tiba. Berkali-kali, saya mengatakan bahwa sepak bola akan meninggalkanmu, sebelum dirimu meninggalkannya. Kemarin, dokter mengatakan bahwa saya harus segera menjalani operasi cepat atau lambat,” tulis Aduriz.

“Pada akhirnya saya tak mau kalian khawatir. Ini hanya anekdot. Mari lupakan akhir yang kita impikan. Karena inilah saatnya kita mengucapkan selamat tinggal,” tulis Aduriz dalam paragraf akhir pesan perpisahannya.

Pensiunnya Aduriz tentu disambut dengan kesediihan sebagai publik sepak bola Spanyol. Khususnya supporter Athletic Bilbao. Sebab meski namanya tak sebesar beberapa penyerang Negri Matador lainnya. Kualitas Aduriz di atas lapangan, jelas tak bisa dipandang sebelah mata.

Sepanjang kariernya beberapa gelar juara sukses disumbangkan Aduriz buat klub yang dibelanya. Termasuk tak terhitung lagi beberapa momen spesial yang bisa diciptakan Aduriz buat suporter yang selalu mendukungnya.

Aduriz Permalukan Barcelona

Bicara momen spesial, Aduriz sendiri musim ini juga sempat menorehkan sebuah penampilan tak terlupakan buat suporter Athletic Bilbao di LaLiga 2019/20.

Yaitu ketika di pekan pertama, dirinya bisa mempermalukan klub juara bertahan Barcelona. Lewat gol penentu kemenangan Athletic  Bilbao, yang dicetaknya dengan sangat indah pada menit-menit akhir pertandingan.

Saat itu pertandingan berlangsung di kandang Athletic Bilbao Stadion San Mames, Jumat (16/8/19).

Dengan statusnya sebagai juara bertahan, meski tanpa Lionel Messi yang absen karena cedera, Barcelona tetap sangat diunggulkan. Terbukti di atas lapangan, Bercelona sangat mendominasi dengan total penguasaan lapangan hingga 72 persen.

Namun penguasaan bola tersebut tak membuahkan hasil apa-apa. Justru petaka hadir di menit ke-89, saat Aritz Aduriz melesatkan sebuah tendangan salto indah yang menghujam kiri gawang yang dikawal oleh Ter Stegen.

Menjadi semakin spesial, bukan karena prosesnya, gol semata wayang yang membuat Aduriz meraih tiga poin penuh di pekan pertama LaLiga 2019/20 itu juga terjadi saat dirinya baru sekitar semenit di atas lapangan. Usai masuk menggantikan Inaki Williams di menit ke-88.

Momen spesial tersebut, menjadi satu di antara total 219 gol yang bisa dilesatkan Aritz Aduriz dalam 573 penampilannya di delapan klub sepanjang sekitar 20 karier profesionalnya hingga gantung sepatu, pensiun di tahun 2020.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%