Liga Indonesia

Ini Perbedaan Ramadan dan Lebaran yang Dirasakan Siswanto

Sabtu, 23 Mei 2020 12:29 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Lanjar Wiratri
© Garfis: Yanto/INDOSPORT
Gelandang tim Liga 2 2020 PSKC Cimahi, Siswanto merasa Ramadan dan Idul Fitri 1441 H berbeda dengan tahun sebelumnya, lantaran pandemi corona atau covid-19. Copyright: © Garfis: Yanto/INDOSPORT
Gelandang tim Liga 2 2020 PSKC Cimahi, Siswanto merasa Ramadan dan Idul Fitri 1441 H berbeda dengan tahun sebelumnya, lantaran pandemi corona atau covid-19.

INDOSPORT.COM - Gelandang tim Liga 2 2020 PSKC Cimahi, Siswanto merasa Ramadan dan Idul Fitri 1441 H berbeda dengan tahun sebelumnya, lantaran pandemi corona atau covid-19. 

Menurutnya, sisi positif pada Ramadan kali ini, ia bisa menjalankan ibadah puasa sejak awal bersama keluarga di kampung halamannya, Pasuruan. Hal itu, jarang didapat olehnya di tahun sebelumnya. 

Siswanti bisa menjalankan ibadah puasa bersama keluarga dari awal Ramadan. Karena aktivitas tim diliburkan, setelah PSSI menghentikan sementara kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 sejak pertengahan Maret lalau. 

"Kalau perbedaan tahun dulu sama sekarang, kita harus mensyukuri kita bertemu lagi dengan Ramadan. Positifnya dekat sama keluarga sama anak, jadi sekarang waktunya untuk keluarga, jadi ada hikmahnya," kata Siswanto. 

Meski begitu, dampak pandemi corona membuat kompetisi Liga 2 yang baru memasuki pekan pertama, terpaksa dihentikan dan aktivitas latihan tim turut diliburkan, guna mencegah penyebaran virus corona. 

Sehingga pada tahun ini, mantan pemain Persib ini tidak merasakan mudik lebaran seperti tahun sebelumnya, saat kompetisi masih bergulir dan aktivitas latihan tim sedang berjalan. 

Selain itu, pemain yang musim lalu memperkuat Sriwijaya FC menjadi sulit untuk silaturahmi dengan keluarganya saat hari raya Idul Fitri. 

"Tahun kemarin masih bisa aktivitas latihan sama klub dan merasakan mudik. Sekarang kan ada pandemi gak bisa keman-mana gak mudik atau silaturrahmi ke keluarga ke tetangga jadi gak bisa karena adanya wabah, jadi harus diam dulu di rumah," ungkapnya. 

Siswanto berharap, pandemi corona bisa segera berakhir, agar aktivitas masyarakat dan kompetisi bisa kembali bergulir seperti sebelumnya. Karena, sebagai pemain ia sudah ingin kembali merasakan atmosfer latihan bersama tim dan pertandingan. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%