Bola Internasional

Super Mewah! Santiago Bernabeu Bakal Punya Rumput yang Bisa Dicopot

Sabtu, 23 Mei 2020 07:35 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© dok. Real Madrid
Stadion Santiago Bernabeu milik klub LaLiga Spanyol, Real Madrid. Copyright: © dok. Real Madrid
Stadion Santiago Bernabeu milik klub LaLiga Spanyol, Real Madrid.

INDOSPORT.COM - Real Madrid tengah mempercantik stadion kebanggaan mereka, Santiago Bernabeu, agar lebih elok. Menurut cetak biru yang dirilis, stadion baru itu memiliki desain mewah dan mengandalkan teknologi mutakhir.

Dilansir dari outlet olahraga Spanyol, Marca, bagian luar stadion ini bakal diberi lapisan yang memberi kesan mewah. Selain itu atapnya bisa dibuka dan akan jadi ciri khas paling menonjol dalam proyek ini.

Santiago Bernabeu baru bakal memiliki lapangan yang bisa dibongkar pasang hanya dalam beberapa menit saja. Sehingga, stadion kebanggaan kota Madrid itu menjadi stadion multifungsi karena bisa dipakai untuk acara lain, terutama konser. 

Tentunya fungsi ini bisa menambah pundi-pundi pemasukan klub selain dari pertandingan. Pihak klub awalnya ingin membuat rumput bisa dicopot semuanya, seperti stadion Veltins Arena milik klub Jerman, Schalke 04. Namun, ini bukan pilihan bagus karena butuh waktu 12 jam untuk melakukannya.

Jadi, nantinya rumput hanya dicopot sebagian saja dengan menggunakan rel khusus dan menyimpan rumput itu di suatu tempat di dalam stadion. 

Teknologi ini sejatinya juga sudah digunakan klub lain, yakni Tottenham Hotspur, yang belum lama ini merampungkan proyek Stadion Tottentam Hotspur di London.

Sebagaimana diketahui, Real Madrid harus merogoh kocek sebesar 500 juta euro (sekitra Rp8 triliun) untuk menggarap mega proyek ini. Adanya pandemi virus corona bahkan tak menghentikan kelanjutan renovasi.

Pihak Real Madrid berencana menggunakan Stadion Santiago Bernabeu yang baru sebagai lokasi usaha selama 24 jam. Artinya, para pendukung Los Blancos bisa hadir dan menghabiskan waktu di stadion sepanjang hari.

Karena proses renovasi bakal semakin komplek dan rumit, pihak Madrid akan menjadikan Stadion Alfreno Di Stefano sebagai kandang sementara waktu bila LaLiga 2019-2020 kembali bergulir.

Perlu diketahui, Stadion Alfreno Di Stefano ini memiliki kapasitas 6.000 penonton yang merupakan markas Real Madrid Castilla alias tim junior.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%