Liga Indonesia

Sungkeman Melalui Video Call, Novan Setya Sasongko: Sedikit Aneh

Minggu, 24 Mei 2020 12:36 WIB
Penulis: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Novan Setya Sasongko saat di Persebaya. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Novan Setya Sasongko saat di Persebaya.

INDOSPORT.COM - Pandemi Covid-19 yang saat ini tengah melanda di seluruh dunia termasuk Indonesia membuat sejumlah orang harus beradaptasi dengan keadaan. Proses adaptasi seperti itu juga tengah dirasakan pemain Persela, Novan Setya Sasongko.

Nah, proses adaptasi itu juga sangat asing baginya terlebih lagi pandemi Covid-19 bakal dia lalui berbarengan dengan Lebaran.

"Tradisi sungkem biasanya yang dilakukan langsung jadi lewat video call (online), aneh saja rasanya," beber mantan pemain Persebaya itu.

Tapi dirinya mau tidak mau harus melakukannya, lantaran memang dari pemerintah tidak memperbolehkan untuk mudik.

"Saya pribadi tidak apa-apa. Karena ini penting buat semua keluarga untuk tidak bertemu dulu. Bagi saya kesehatan yang paling penting," lanjutnya kepada INDOSPORT

Berlebaran seperti ini diakui Novan merupakan sebuah pengalaman baru bagi dirinya. Sebab pada Lebaran tahun yang lalu, dirinya bisa berkumpul dengan semua anggota keluarganya di Bojonegoro dan Purworejo sembari menyantap kuliner yang adanya saat Lebaran saja.

"Biasanya silaturahmi dan kumpul bareng keluarga beberapa hari setelah Lebaran. Makan sayur kentang kesukaan saya dan main bola di lapangan sama teman-teman," kenang Novan.

"Tapi untuk sementara ini saya tahan dulu. Saya sekarang masih di Lamongan saja," tutup Novan. Meskipun lebaran dengan penuh keterbatasan, dia tetap berusaha mengambil sisi positif salah satunya bisa lebih dekat dengan keluarga.