Liga Indonesia

Cerita Penyerang Bali United Pernah Jadi Atlet Bulutangkis

Selasa, 26 Mei 2020 12:22 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Penyerang klub Liga 1 2020 Bali United, Lerby Eliandry Pong Babu, ternyata pernah jadi atlet bulutangkis. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Penyerang klub Liga 1 2020 Bali United, Lerby Eliandry Pong Babu, ternyata pernah jadi atlet bulutangkis.

INDOSPORT.COM - Penyerang klub Liga 1 2020 Bali United, Lerby Eliandry Pong Babu, ternyata pernah jadi atlet bulutangkis. Cabor tepok bulu ini kemudian ditinggalkan Lerby untuk fokus menjadi pesepak bola profesional.

Lerby sejak kecil tinggal di Samarinda Seberang. Di kecamatan terkecil di Kota Samarinda ini, Lerby tak pernah ikut sekolah sepak bola (SSB).

Bola plastik, tiang bambu dan sandal adalah teman kecilnya. Dia bermain dengan teman-teman yang ada di kampung. Malahan, Lerby pernah jadi atlet bulu tangkis, tenis meja dan bola voli.

"Sering ikut pertandingan badminton, tenis meja, dan voli juga. Cuma, lama-kelamaan orang tua menyarankan untuk pilih salah satu biar fokus. Dari SMA, saya mulai fokus. Saya main futsal, ikut turnamen dan tarkam (sepak bola)," ucap Lerby saat live instagram bareng Bali United, Rabu (20/5/20).

Pada musim 2011/2012, momentum datang. Lerby terpilih dalam seleksi Persisam Samarinda U-21. Selain itu, Lerby juga masuk tim Kalimantan Timur untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) 2012.

"Pada musim berikutnya, saya dipromosikan ke tim senior," tutur Lerby.

Karier Lerby terus menanjak. Lerby sempat terpilih masuk Timnas Indonesia U-23. Lalu, pada 2016, Lerby masuk tim senior di Piala AFF 2016. Di level klub, Lerby meraih prestasi di Borneo FC. Barulah musim ini, Lerby gabung Bali United.