Liga Indonesia

Perjumpaan Paulo Sergio dengan Claudio Bravo di Liga Spanyol

Selasa, 26 Mei 2020 12:29 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Lanjar Wiratri
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Bersama tim kasta kedua, UD Salamanca, Paulo Sergio pernah berhadapan langsung dengan kiper fenomenal, Claudio Bravo. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Bersama tim kasta kedua, UD Salamanca, Paulo Sergio pernah berhadapan langsung dengan kiper fenomenal, Claudio Bravo.

INDOSPORT.COM - Gelandang Bali United, Paulo Sergio pernah merasakan semusim berkarier di Spanyol. Bersama tim kasta kedua, UD Salamanca, Paulo pernah berhadapan langsung dengan kiper fenomenal, Claudio Bravo.

UD Salamanca merupakan tim pertama Paulo setelah lepas kontrak dengan Sporting Lisbon. Sebelumnya, Paulo sempat dipinjamkan ke lima klub berbeda di Portugal.

Paulo tampil dalam 20 pertandingan di Segunda Division, dengan enam di antaranya dipasang sebagai starter. Salah satu kesempatan datang saat melawan Real Sociedad. Tim langganan LaLiga ini diperkuat kiper Timnas Chile, Claudio Bravo.

Bravo terbilang setia bersama Sociedad. Jadi andalan saat masih di LaLiga 2006/2007, Bravo tak hengkang meski Sociedad degradasi. Dia justu ikut mengangkat Sociedad kembali ke LaLiga lagi.

Pertemuan Paulo dengan Bravo terjadi di Stadion Helmantico, 23 Mei 2009. Sebagai tuan rumah, Salamanca jelas diunggulkan. Apalagi kedua tim sama-sama menduduki papan tengah.

Namun, kenyataan pahit harus diterima Paulo dan Salamanca. Bravo bersama Real Sociedad sukses mencuri tiga poin lewat gol tunggal legenda hidup Sociedad, Imanol Agirretxe menit ke-35.

Dalam laga itu, Paulo tampil dalam 54 menit. Posisinya sebagai gelandang serang kemudian digantikan pemain muda asal Nigeria, Kabiru Akinsola. Sementara Bravo tak tergantikan sepanjang laga.

Kekalahan itu menjadi satu dari total 14 yang diderita selama musim 2008/2009. Pada klasemen akhir, Sociedad nangkring di posisi enam dengan 67 poin. Salamanca ada di posisi sembilan dengan 60 poin.

Pada musim itu, Paulo total mencatatkan 20 penampilan dengan enam masuk starting eleven serta 14 kali jadi pemain pengganti. Hanya semusim Paulo di Spanyol. Setelah itu, Paulo pilih gabung dengan tim promosi Liga Portugal, Olhanense.

Sementara Bravo masih mengabdi untuk Sociedad. Dia sukses mengantarkan Sociead promosi ke LaLiga 2010/2011. Dia akhirnya hengkang ke Barcelona musim 2013/2014. Bravo tak tergantikan dua musim, sebelum kemudian mengikuti jejak Pep Guardiola ke Manchester City musim 2016/2017.