Liga Indonesia

3 Pemain Liga 1 Sudah Siapkan Penerus di Level U-17, Siapa Saja?

Kamis, 28 Mei 2020 15:47 WIB
Penulis: Martini | Editor: Yohanes Ishak
© Twitter/@Liga1Match
Logo Liga 1 2020. Copyright: © Twitter/@Liga1Match
Logo Liga 1 2020.

INDOSPORT.COM - Regenerasi pemain sepak bola Indonesia sudah mulai mengalami peningkatan dari sebelumnya. Seperti tiga pemain Liga 1 berikut ini, yang bahkan sudah menyiapkan penerus di level U-17.

Hadirnya kompetisi sepak bola usia muda yang digagas PSSI sejak 2018 lalu, yakni Elite Pro Academy yang diikuti oleh setiap tim Liga 1, kian memudahkan federasi untuk melakukan regenerasi.

Kompetisi Piala AFF U-16 dan U-18 juga menjadi wadah PSSI untuk melahirkan bibit-bibit potensial di Timnas Indonesia. Bahkan, boleh dikatakan jika Indonesia cukup berprestasi di dua ajang tersebut.

Baru-baru ini, muncul pula program Garuda Select, pembinaan pemain muda Indonesia di Inggris dan Italia, hingga mereka punya kesempatan menghadapi laga uji coba kontra tim akademi sepak bola Eropa.

Lantas, siapa saja pemain Liga 1 yang sudah menyiapkan penerusnya? Berikut rangkuman INDOSPORT untuk Anda.

1. Oktafianus Fernando dan Marselino Ferdinan

Oktafianus Fernando adalah winger 26 tahun yang memperkuat tim Persebaya Surabaya. Ia juga masih menjadi andalan pelatih Aji Santoso untuk kompetisi Liga 1 2020.

Tak jauh-jauh dari Oktafianus Fernando, sang adik, Marselino Ferdinan juga memperkuat tim Bajul Ijo di Elite Pro Academy. Namun, Marselino lebih dikenal sebagai gelandang serang Timnas Indonesia U-16.

Pemuda kelahiran 9 September 2004 itu menjadi aktor yang membawa Timnas U-15 meraih peringkat ketiga di Piala AFF U-15 2019 lalu. Dengan nomor punggung 10, Marselino menjadi mesin gol Garuda Muda.

2. Nazarul Fahmi dan Subhan Fajri

Nazarul Fahmi adalah eks winger Barito Putera yang kini hijrah ke Persiraja Banda Aceh di Liga 1 2020. Pada posisi yang sama, Fahmi memiliki adik yang juga bermain di tim Laskar Antasari, yakni Subhan Fajri.

Subhan Fajri memang belum berkesempatan berkostum Timnas Indonesia, namun ia adalah pemain andalan Garuda Select jilid II. Penampilannya kerap kali dipuji pelatih asal Inggris, Dennis Wise dan Des Walker.

Dengan bekal ilmu dari Inggris dan Italia, Subhan Fajri digadang-gadang akan mengisi slot pemain sayap Timnas Indonesia U-19 yang akan tampil di Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

3. Pandi Lestaluhu dan Hamsa Lestaluhu

Keluarga Lestaluhu seolah tak henti-hentinya melahirkan pemain bola potensial. Setelah Ramdani dan Abduh Lestaluhu, ada pula saudara mereka, Pandi Lestaluhu, eks Persija Jakarta yang hijrah ke Kalteng Putra.

Pandi Lestaluhu juga memiliki adik sepupu yang tak kalah berkualitas kala merumput di lapangan hijau. Ia adalah Hamsa Medari Lestaluhu, pemain andalan Timnas Indonesia U-16.

Hamsa Lestaluhu memang tidak bermain di Elite Pro Academy, sebab saat ini ia masih tercatat sebagai penggawa ASAD 313 Jaya Perkasa. Hamsa juga sempat cedera kala berseragam Timnas Indonesia, hingga harus menepi selama beberapa waktu.