Liga Indonesia

Gemblengan Class of 2003 Perseden untuk I Made Wirawan

Minggu, 31 Mei 2020 11:30 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Arif Rahman/INDOSPORT
Jauh sebelum jadi andalan di Persib Bandung, I Made Wirawan pernah dapat gemblengan Class of 2003 Perseden Denpasar. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Jauh sebelum jadi andalan di Persib Bandung, I Made Wirawan pernah dapat gemblengan Class of 2003 Perseden Denpasar.

INDOSPORT.COM - I Made Wirawan tak tergantikan di Persib Bandung. Berkat gabung tim Maung Bandung, pemain asal Gianyar ini tembus Timnas Indonesia. Namun, jauh sebelum itu, Made pernah dapat gemblengan Class of 2003 Perseden Denpasar.

Made Wirawan masuk dalam tim bertabur bintang Perseden di Liga Bank Mandiri 2003. Kala itu, dia masih berstatus anak baru. Selain di Perseden, Made Wirawan juga jadi bagian tim Pra PON Bali yang dibesut Edward Tjong.

Dua sosok yang kerap mengawal gawang Perseden yakni Hendra Pandeynuwu dan Fredy Herlambang. Keduanya memiliki jam terbang lebih tinggi, hingga kerap dipercaya pelatih Dick Buitelaar pada putaran pertama dan Nandar Iskandar pada putaran kedua.

Made Wirawan muda benar-benar dikelilingi pemain berkualitas. Ada Yeyen Tumena, Marwal Iskandar, Gusnaedi Adang, Stenly Mamuaya, Paulus Krey, Suwandi HS, Komang Adnyana, Wayan Sukadana, Victor Anderson hingga Gbeneme Friday.

Marwal pun mengungkapkan momen saat berlatih bersama Made Wirawan. Kala itu, Perseden masih berlatih di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar.

"Saat itu Made Wirawan masih muda, masih ikut PON Bali. Tiap pagi shooting 60-70 bola di tempat latihan Perseden, Kompyang Sujana," ucap Marwal.

Marwal kemudian pindah ke Persib Bandung pada putaran kedua. Marwal kemudian kembali bertemu Made Wirawan di Stadion Manahan Solo, saat babak playoffs, 18 Oktober 2003. Pertemuan itu berakhir dengan skor 4-4.

"Barulah di babak playoff itu Made mulai dipasang," tutur Marwal.

Made masih mengingat kenangan ini. Baru-baru ini, dia mengunggah dua foto bersama para pemain Perseden Denpasar. Foto pertama saat duduk bersantai di sebuah tangga.

Made duduk bersama Hendra Pandeynuwu, Fredy Herlambang, Miro Baldo Bento, M Kamri dan Komang Adnyana. Lalu di foto kedua, Made Wirawan ada di ruang ganti, berdampingan dengan Gusnaedi Adang, Gbeneme Friday dan Bento.