Liga Indonesia

Diisukan Cari Pemain Keturunan untuk Piala Dunia, Exco PSSI Bereaksi

Sabtu, 6 Juni 2020 11:25 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
Anggota Exco PSSI sekaligus CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, saat berada di Stadion Citarum. Copyright: © Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
Anggota Exco PSSI sekaligus CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, saat berada di Stadion Citarum.

INDOSPORT.COM - Salah satu anggota Exco PSSI, Yoyok Sukawi, berupaya menjawab isu yang berhembus bahwa organisasinya tengah mencari pemain muda keturunan Indonesia asal luar negeri untuk bermain di Piala Dunia U-20 2021.

Isu ini berkembang setelah salah satu pemain muda keturunan Indonesia, Dayen Gentenaar, mengungkapkan bahwa ia mendengar PSSI tengah mencari pemain keturunan untuk bermain di Piala Dunia U-20.

Gentenaar mengatakan kalau PSSI sedang mencari pemain keturunan saat melakukan wawancara dengan pemain Indonesia yang bermain di Belanda, Yussa Nugraha. Sesi tanya jawab mereka diunggah melalui akun YouTube Yussa Nugraha pada Selasa (2/6/20).

Menurut Yoyok Sukawi, PSSI memang tengah mencari bakat-bakat pemain untuk tampil di Piala Dunia U-20, tapi bukan sebatas mengincar warga keturunan.

“Jadi begini, PSSI itu bukan mencari warga keturunan, tapi talent scouting pemain-pemain untuk persiapan timnas,” ujar Yoyok kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT, Sabtu (6/6/20).

“Kebetulan saja ada pemain keturunan Indonesia yang bilang begitu sehingga kesannya kami mencari warga keturunan. Sebenarnya pemain-pemain lokal lebih banyak kita pantau,” imbuh CEO PSIS Semarang ini.

Akhir-akhir ini PSSI memang semakin menampakkan keseriusannya dalam mempersiapkan timnas Indonesia U-19 menghadapi Piala Dunia U-20

Tak hanya melakukan talent scouting ke pemain-pemain muda, mereka juga berencana melanjutkan Liga 1 supaya para pemain muda mendapatkan jam terbang di klub.

PSSI berharap timnas Indonesia bisa berbicara banyak dan melangkah jauh di ajang Piala Dunia U-20 2021 lantaran menyandang status tuan rumah.