Bola Internasional

Kelahiran Surabaya, Ini Pemain Bintang Eropa yang Sempat Dilatih Andre Wetzel

Selasa, 23 Juni 2020 23:12 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Berikut pemain bintang Eropa yang pernah ditangani Andre Wetzel, pelatih berkewarganegaraan Belanda kelahiran Surabaya. Siapa sajakah mereka?

Indonesia sendiri memang memiliki banyak hubungan darah dengan para pesepakbola dunia terutama yang berasal dari Belanda, lantaran dua negara ini sempat saling terikat dalam sejarah panjang di masa penjajahan.

Beberapa mantan pemain dunia keturunan Indonesia di Belanda yang terkenal antara lain Giovanni van Bronckhorst. Kapten Timnas Oranye tahun 2010 tersebut dikabarkan mempunyai ibu yang berasal dari Maluku.

Usai gantung sepatu sebagai pemain, Giovanni van Bronckhorst sempat melatih Feyenoord tahun 2015 hingga 2019 lalu. Selama empat musim membesut Feyenoord, mantan pemain Barcelona ini berhasil meraih berbagai gelar juara.

Di antaranya adalah satu trofi Eredivisie musim 2016/17, serta masing-masing dua gelar KNVB Cup dan juga Johan Cruyff Shield tahun 2017 dan 2018.

Tidak cuma Giovanni van Bronckhorst, ada beberapa pelatih top Eropa lain yang merupakan keturunan Indonesia bahkan benar-benar lahir di Tanah Air.

Salah satunya adalah Andre Wetzel. Meski banyak menghabiskan karier di Negeri Kincir Angin, namun pelatih berkebangsaan Belanda ini  faktanya ia lahir di Surabaya, Jawa Timur pada tahun 1951 silam.

Karier kepelatihan André Wetzel sendiri dimulai pada tahun 1997 dengan bergabung bersama ADO Den Haag sebagai asisten pelatih. Wetzel juga pernah menjadi pelatih muda Timnas Belanda dan pemandu bakat Feyenoord Rotterdam. 

Pencapaian terbaiknya saat menjadi pelatih adalah mengantarkan VVV-Venlo promosi ke kasta tertinggi Liga Belanda atau Eredivisie di musim 2006/07.

Pelatih bertangan dingin ini juga sempat berkarier di Asia menjadi pelatih klub Uni Emirate Arab, Al- Jazira. Kini, Witzel masih aktif menjadi pelatih klub kasta ketujuh sepakbola Belanda, HVV Den Haag.

Saat membawa VVV-Venlo promosi ke kasta tertinggi Liga Belanda, catatan impresif berhasil ditorehkan Andre Wetzel dengan menorehkan 11 kemenangan, 6 hasil seri dan cuma 7 kekalahan dari 24 pertandingan.

Selama melatih tim-tim di Belanda, pelatih berusia 61 tahun tersebut sempat menangani pemain-pemain bintang bahkan menjadi legenda di Timnas Belanda. 

Lantas siapa sajakah para pemain tersebut? Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas.

Denny Landzaat
Nama pertama adalah Denny Landzaat. Gelandang berdarah Maluku tersebut menjadi anak asuh Andre Wetzel saat keduanya berada satu tim di klub Willem II Tilburg musim 2003/04.

Denny Landzaat sendiri merupakan salah satu gelandang bertahan yang cukup disegani di Belanda. Tercatat, jumlah gelar bergengsi pernah ia memenangkan seperti juara Eredivisie, Piala Liga Belanda, Piala Super Belanda hingga runner up Liga Champions.

Pada level Timnas Belanda, mantan pemain yang kini berusia 44 tahun tersebut pernah menjadi skuat The Oranje dalam gelaran Piala Dunia tahun 2006 silam.