Bola Internasional

Starting XI Mengerikan Pemain Debutan di Euro 1996

Kamis, 25 Juni 2020 22:06 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Isman Fadil
© twitter.com/PortieriSiNasce
Edwin van der Sar termasuk pemain yang masuk ke dalam daftar starting XI mengerikan yang berisi debutan di Euro 1996. Copyright: © twitter.com/PortieriSiNasce
Edwin van der Sar termasuk pemain yang masuk ke dalam daftar starting XI mengerikan yang berisi debutan di Euro 1996.

INDOSPORT.COMEuro 1996 adalah salah satu turnamen paling berkesan dan meninggalkan banyak memori bagi para pecinta sepakbola di seluruh dunia.

Selain karena Inggris yang hampir keluar sebagai juara jika saja langkah mereka tak terhenti di semifinal, Euro 1996 juga terkenal sebagai turnamen yang dipenuhi oleh calon bintang dunia di masa depan.

Tak percaya? Dirangkum dari Squawka, berikut adalah daftar starting XI mengerikan yang berisi debutan di Euro 1996. Di masa sekarang kita mungkin mengenal mereka semua sebagai seorang legenda.

Kiper: Edwin van der Sar (Belanda)

Meskipun telah masuk ke dalam skuat Belanda yang dibawa ke Piala Dunia 1994, namun saat itu dirinya belum dipercaya untuk berada di bawah mistar Der Oranje.

Baru pada gelaran Euro 1996 atau 2 tahun setelah pentas sepakbola terakbar di dunia tersebut, Van Der Sar dipercaya untuk berada di bawah mistar. Tercatat, dirinya menjadi pilihan utama timnas Belanda sampai tahun 2008 atau 12 tahun sesudah gelaran Euro 1996.

Bek Kanan: Gary Neville (Inggris)

Bek kanan utama timnas Inggris dalam skema permainan 3-5-2 yang menjadi favorit Terry Venables. Meskipun tak berlaga di laga semifinal kontra Jerman, namun Neville muda saat itu telah membuktikan jika dirinya bakal menjadi pemain reguler di sektor kanan Three Lions selama bertahun-tahun ke depan.

Bek Tengah: Marcel Desailly (Prancis)

Meskipun berstatus debutan, namun usia Desailly kala bermain di Euro 1996 terjitung sudah tak muda lagi. Saat itu, dirinya telah menginjak usia 27 tahun.

Tampil apik di Marseille dan AC Milan, Desailly juga sukses menampilkan performa kelas atas ketika harus berlaga bersama Prancis di Euro 1996 ini.

Meskipun harus takluk di semifinal kontra Republik Ceko, namun penampilan apiknya di timnas Prancis berlanjut dan berhasil mengantarkan skuat Ayam Jantan meraih trofi Piala Dunia 1998 dan trofi Euro 2000.

Bek Tengah: Lilian Thuram (Prancis)

Thuram berhasil menunjukkan jika dirinya adalah salah satu bek masa depan timnas Prancis lewat penampilan ciamiknya di Euro 1996 ini. Usai gelaran ini, Thuram diketahui hengkang ke Parma dan bergabung bersama deretan bintang lainnya seperti Gianluigi Buffon, Fabio Cannavaro, Juan Sebastian Veron, dll.

Bek Kiri: Bixente Lizarazu (Prancis)

Lizarazu tampil mengesankan dan membuat dirinya dipercaya untuk selalu mengisi sektor kiri pertahanan Prancis. Gemblengan tangan dingin Aime Jacquet berhasil membuat dirinya menjadi salah satu pemain kunci ketika Prancis sukses membawa pulang trofi Piala Dunia 1998 dan Euro 2000 beberapa tahun setelah gelaran ini.