Liga Indonesia

Umuh Sambut Positif Rencana Liga 1 Dipusatkan di Pulau Jawa

Kamis, 25 Juni 2020 17:43 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Arif Rahman/INDOSPORT
Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar, menyambut positif rencana  kompetisi Liga 1 2020 yang akan dipusatkan di salah satu tempat di Jawa. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar, menyambut positif rencana kompetisi Liga 1 2020 yang akan dipusatkan di salah satu tempat di Jawa.

INDOSPORT.COM - Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar, menyambut positif rencana  kompetisi Liga 1 2020 yang akan dipusatkan di salah satu tempat di Pulau Jawa.

Menurut Umuh, dengan pertandingan dipusatkan di salah satu daerah, maka tim peserta tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk transportasi ke tempat laga.

Sebagai informasi, saat ini muncul wacana kompetisi Liga 1 2020 bakal dipusatkan di Pulau Jawa. Yogyakarta menjadi salah satu wilayah, yang berpeluang menjadi tempat digelarnya kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

"Menurut saya sangat diuntungkan main di salah satu tempat, netral, dan hotel kalau disiapkan oleh liga, itu sangat luar biasa. Dari pada kita bolak balik ke Papua atau Kalimantan itu biayanya. Nah biaya itu kan bisa untuk diberikan berapa persen untuk pemain," kata Umuh.

Pak Haji sapaan akrab Umuh Muchtar menilai, Yogyakarta merupakan tempat yang netral untuk menggelar Liga 1 2020. Selain itu, ada banyak Stadion representatif yang bisa digunakan oleh tim peserta.

Jika pertandingan digelar di Yogyakarta, maka tidak menutup kemungkinan tim Persib bakal menetap di kota Gudeg. Agar meminimalisir perjalanan dan mencegah penyebaran virus corona atau covid-19.

Meski begitu, manajemen bakal memberikan izin kepada pemain Persib  untuk pulang jika ada keperluan yang mendesak.

"Ya tidak masalah, Yogya dekat. Kecuali kalau ada keluarga pemain yang sakit, izinnya gampang. Tidak dirugikan, menurut saya tidak ada yang dirugikan, di Yogya tempat netral," pungkas Umuh.

Saat ini, Persib masih meliburkan aktivitas latihannya dan pemain hanya mendapat program latihan mandiri. Karena, skuat Maung Bandung menunggu kepastian mengenai jadwal kick off Liga 1 2020.

Meski begitu, beredar kabar mengenai bocoran kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia akan dimulai kembali pada 18 September atau 1 Oktober mendatang.