Liga Inggris

Daftar 6 Bintang Asal Spanyol yang Mampu Bersinar di Liga Inggris

Sabtu, 4 Juli 2020 20:46 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Berikut tersaji enam pemain sepak bola asal Spanyol yang ternyata bisa bersinar setelah memperkuat klub-klub Liga Inggris. Copyright: © Getty Images
Berikut tersaji enam pemain sepak bola asal Spanyol yang ternyata bisa bersinar setelah memperkuat klub-klub Liga Inggris.

INDOSPORT.COM - Berikut tersaji enam pemain sepak bola asal Spanyol yang ternyata bisa bersinar setelah memperkuat klub-klub Liga Inggris.

Tidak semua pemain bisa bersinar di klub-klub domestik negara mereka sendiri. Contohnya, Paul Pogba yang berasal dari Prancis ternyata malah sukses bersama Manchester United dari Liga Inggris.

Begitu juga dengan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Ronaldo yang asal Portugal ternyata bisa gemilang bersama Manchester United, Real Madrid dari LaLiga Spanyol, dan Juventus dari Serie A Liga Italia.

Sementara itu, Messi yang berasal dari Argentina tetap jadi andalan raksasa Liga Spanyol, Barcelona, dari 2004 sampai hari ini. Semua contoh itu membuktikan bahwa tidak selamanya seorang pemain bakal menemui kegagalan ketika berkelana ke negara lain.

Melansir dari laman portal berita olahraga Squawka, enam pemain sepak bola asal Spanyol berikut ini ternyata juga menemukan kesuksesan mereka di negeri orang, dalam hal ini adalah Inggris. Dari keenam sosok itu, ada yang masih aktif bermain, ada pula yang sudah pensiun.

1. David Silva (Manchester City)

Pemain bernama lengkap David Josue Jimenez Silva ini lahir di Arguineguin, Spanyol. Ia mengawali karier sepak bolanya bersama Valencia. Setelah itu, Silva pindah ke raksasa Liga Inggris, Manchester City, sejak 2010 yang lalu.

David Silva adalah contoh nyata bahwa ia lebih sukses berkarier di Liga Inggris ketimbang di LaLiga. Bersama Valencia, ia hanya menghabiskan waktu enam musim. Sedangkan bersama The Citizens, Silva mampu bertahan sampai 10 tahun.

Sebagai seorang gelandang, pemain berusia 34 tahun itu kemampuan dribbling yang baik dan sangat cerdas dalam membangun serangan. Bahkan, ia juga terkenal karena kecerdikannya memberi ruang bagi rekan setim untuk bertahan atau menyerang.

2. Cesc Fabregas (Arsenal, Chelsea)

Cesc Fabregas adalah gelandang kelahiran Arenys de Mar, Spanyol. Meski demikian, ia justru memilih Arsenal sebagai pijakan pertama untuk mulai mengarungi karir sepak bola profesionalnya. Fabregas membela The Gunners sejak 2003 yang lalu.

Ia menghabiskan waktu delapan tahun di Emirates Stadium sampai 2011. Setelah itu, Cesc Fabregas pindah ke Barcelona. Namun, ia hanya bertahan tiga musim saja sampai 2014 meski bermain di kampung halamannya sendiri, Spanyol.

Setelah itu, Fabregas seperti ingin mengulang kesuksesan yang pernah ia raih di Liga Inggris dengan bergabung ke Chelsea pada 2014. Di Stamford Bridge, ia juga bisa bertahan sampai lima tahun sampai 2019, mengalahkan masa hidupnya saat bersama klub Catalan.

3. Xabi Alonso (Liverpool)

Legenda Real Madrid, Xabier Alonso Olano, pernah berkarir di Liverpool sejak meninggalkan Real Sociedad pada 2004 yang lalu. Di Anfield, mantan gelandang yang kini jadi pelatih Real Sociedad B itu menjalani karier sampai 2009.

Xabi Alonso menjadi rekrutan pertama Rafael Benitez ketika masih menukangi Liverpool atau The Reds. Dalam debutnya, meski Liverpool kalah 0-1 dari Bolton Wanderers, tapi performa Alonso mendapat pujian tinggi dari para kritikus dan pengamat sepak bola dunia.

Karirnya di Anfield pantas menjadi kebanggaan tersendiri. Alonso sukses membantu timnya menjuarai Piala FA 2005/06, juara FA Community Shield 2006, juara Piala Super UEFA 2005, dan yang paling fenomenal, juara Liga Champions 2004/05.