Liga Indonesia

Parade Hattrick Bintang Persipura Boaz Solossa di Liga Indonesia

Sabtu, 4 Juli 2020 13:35 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Sudjarwo/INDOSPORT
Klub Liga 1, Persipura Jayapura, sangat beruntung ditakdirkan memiliki seorang penyerang natural dengan naluri mencetak gol tinggi pada diri Boaz Solossa. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Klub Liga 1, Persipura Jayapura, sangat beruntung ditakdirkan memiliki seorang penyerang natural dengan naluri mencetak gol tinggi pada diri Boaz Solossa.

INDOSPORT.COM - Klub Liga 1 asal Papua, Persipura Jayapura, sangat beruntung ditakdirkan memiliki seorang penyerang natural dengan naluri mencetak gol tinggi pada diri Boaz Solossa.

Striker kelahiran Sorong yang pernah dijuluki Si Anak Emas pada kemunculan perdananya di persepak bolaan Indonesia tahun 2004 silam adalah salah satu yang terbaik dalam sejarah.

Total gol yang sudah dibukukan legenda tim nasional Indonesia ini sudah mencapai 183 gol sepanjang kiprahnya di Liga sepak bola profesional Indonesia, terhitung sejak debut Boaz Solossa di musim 2005 hingga tiga laga awal Liga 1 2020.

Kehebatannya sebagai pencetak gol ulung bahkan pernah dibuktikannya dalam tiga musim dengan menyabet predikat top skor, yakni di musim 2008/2009 (28 gol), musim 2010/2011 (22 gol), dan musim 2013 (25 gol).

Boaz Solossa bahkan menjadi salah satu penyerang dengan catatan hattrick atau pencetak trigol terbanyak di Liga Indonesia. Total, pemain yang akrab disapa Bochi ini sudah mengoleksi 9 kali hattrick.

Torehan hattrick yang dibuat oleh Bochi hanya kalah dari penyerang veteran naturalisasi asal Uruguay, Christian Gonzales yang mengoleksi 11 kali hattrick di kasta tertinggi Liga Indonesia, sejak memperkuat PSM Makassar 2003 silam.

Kapan dan lawan apa saja Boaz Solossa pernah mencatatkan trigolnya? Berikut awak media olahraga INDOSPORT, Sabtu (4/7/20) coba merangkumnya untuk anda.

Liga Indonesia 2006

Setahun setelah menorehkan debut perdananya di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, adik kandung Ortizan Solossa ini mencatatkan trigol pertamanya di Liga Indonesia musim 2006.

Boaz Solossa mencetak trigol pertamanya itu saat Persipura Jayapura melibas Persema Malang di Stadion Mandala, 24 Juni 2006 dengan skor 5-0.

Di musim ini, Bochi yang masih berusia 19 tahun baru mendapatkan 12 kali kesempatan bermain selama semusim dengan torehan yang terbilang apik dengan raihan 10 gol.

Liga Indonesia 2007/2008

Tak butuh waktu lama bagi Boaz Solossa untuk kembali mencetak trigol di kompetisi sepak bola Indonesia. Bochi menorehkan trigol keduanya saat Persipura berhadapan dengan klub sesama Papua, Perseman Manokwari.

Trigol kedua Bochi itu tercipta di Stadion Mandala, 10 April 2007 dalam kemenangan Persipura atas Perseman dengan lima gol tanpa balas.

Di musim tersebut, Boaz Solossa hanya bermain sebanyak 19 kali bersama Persipura Jayapura lantaran mengalami cedera saat membela timnas Indonesia. Bochi menghasilkan 13 gol sepanjang musim 2007/2008.

Liga Super Indonesia 2008/2009

Di musim perdana era baru kompetisi sepak bola Indonesia ini, Boaz Solossa lagi-lagi menunjukkan tajinya dengan mencatatkan dua kali hattrick.

Hattrick pertamanya tercipta dalam kemenangan telak Persipura atas Persija Jakarta di Stadion Mandala, 9 Oktober 2008 dengan skor 6-0.

Lalu, Bochi kembali membuat hattrick ketika Persipura menahan imbang tuan rumah Persitara Jakarta Utara dengan skor 3-3, 20 Mei 2009.

Di musim ini, Boaz Solossa sukses menyabet gelar top skor pertamanya dengan jumlah yang sangat produktif, sebanyak 28 gol. Torehan Bochi itu kian sempurna dengan keberhasilan Persipura Jayapura merengkuh trofi juara.