Liga Inggris

Kevin De Bruyne Dekati Rekor Assist Milik Thierry Henry di Liga Inggris

Kamis, 9 Juli 2020 14:38 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Pool/Getty Images
Gelandang milik Manchester City, Kevin De Bruyne saat ini tengah mendekati rekor assist yang dimiliki oleh Legenda Arsenal, Thierry Henry. Copyright: © Pool/Getty Images
Gelandang milik Manchester City, Kevin De Bruyne saat ini tengah mendekati rekor assist yang dimiliki oleh Legenda Arsenal, Thierry Henry.

INDOSPORT.COM - Gelandang milik Manchester City, Kevin De Bruyne saat ini tengah mendekati rekor assist yang dimiliki oleh Legenda Arsenal, Thierry Henry.

Manchester City berhasil menelan kemenangan telak dengan skor lima gol tanpa balas ketika bertemu dengan Newcastle United pada lanjutan kompetisi Liga Inggris musim 2019/2020 pekan ke-34.

Berkat kemenangan ini, pasukan Pep Guardiola berhasil kembali ke tren positif setelah sebelumnya kalah dari Southampton dengan skor tipis 1-0 yang dilangsungkan di kandang The Saints pada pekan lalu.

Laga yang dilangsungkan di Etihad Stadium pada Kamis (09/07/20) dini hari tadi berakhir dengan banyaknya gol yang tercipta bagi Manchester City. Tak tanggung-tanggung, Newcastle United harus kebobolan lima kali tanpa bisa membalas satu pun.

Lima gol Manchester City ini dicetak oleh lima pemain yang berbeda pula. Satu gol yang diperoleh Citizens termasuk dari gol bunuh diri bek Newcastle United, Federico Fernandez.

Pada babak pertama, pasukan dari Pep Guardiola sudah memimpin pertandingan dengan skor 2-0 yang dicetak oleh Gabriel Jesus dan Riyad Mahrez. Lalu di babak kedua, Manchester City berhasil menambahkan tiga gol melalui gol bunuh diri Federico Fernandez, David Silva, dan Raheem Sterling.

Dalam pertandingan kontra Newcastle United, David Silva keluar sebagai man of the match dengan torehan satu gol dan dua assist. Akan tetapi, yang menjadi sorotan lain adalah Kevin De Bruyne yang juga menampilkan performa yang luar biasa.

Pemain berusia 29 tahun ini merupakan kreator gol kedua Manchester City yang dicetak oleh Riyad Mahrez pada menit ke-21. Umpan matang yang ia berikan menambah catatan assist-nya di Liga Inggris.

Gelandang asal Belgia ini telah membukukan 18 assist dari 32 penampilannya di Liga Inggris musim ini. De Bruyne sendiri menjadi pemain pertama yang mampu mencetak 18 assist atau lebih pada dua musim berbeda di kompetisi kasta tertinggi Inggris.

Mengingat Liga Inggris musim ini masih menyisakan empat pertandingan lagi, Kevin De Bruyne kemungkinan besar bisa melewati catatan sebelumnya yang ia raih di tahun 2016/2017 saat Manchester City pertama kali diasuh Pep Guardiola.

Selain itu, ia juga berpeluang untuk memecahkan rekor assist dalam satu musim milik legenda Arsenal, Thierry Henry. Sampai saat ini, rekor assist masih dipegang oleh mantan pemain The Gunners tersebut dengan catatan 20 assist pada Liga Inggris 2002/2003.

Ini akan menjadi hal mudah bagi Kevin De Bruyne untuk memecahkan rekor dan melebihi catatan assist milik Thierry Henry tersebut. Hal ini dapat dipastikan karena Manchester City masih memiliki empat pertandingan sisa yang harus mereka akhir di musim ini.

Terlebih yang menjadi lawan mereka terbilang bukanlah klub-klub besar, melainkan klub-klub yang sedang berjuang demi keluar dari zona degradasi seperti Brighton & Hove albion, Bournemouth, Watford, dan yang terakhir Norwich City.