Liga Inggris

Terkuak Alasan Jurgen Klopp Tolak Latih Timnas Jerman dan Memilih Liverpool

Minggu, 12 Juli 2020 14:59 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Jan Kruger/Getty Images
Mantan pemain Liverpool, Didi Hamann membeberkan alasan Jurgen Klopp menolak untuk melatih Timnas Jerman dan memilih tetap menaungi The Reds. Copyright: © Jan Kruger/Getty Images
Mantan pemain Liverpool, Didi Hamann membeberkan alasan Jurgen Klopp menolak untuk melatih Timnas Jerman dan memilih tetap menaungi The Reds.

INDOSPORT.COM - Mantan pemain Liverpool, Didi Hamann membeberkan alasan Jurgen Klopp menolak untuk melatih Timnas Jerman dan memilih tetap menaungi The Reds.

Beberapa pekan lalu terdengar kabar bahwa pelatih asal Jerman ini dikabarkan lebih siap untuk menjadi peracik strategi dari Timnas di negaranya tersebut. Akan tetapi hal ini masih belum ada respons dari Klopp mengenai hal itu.

Selama lima tahun menjadi pelatih Liverpool, Jurgen Klopp berhasil menyuguhkan beberapa gelar bagi tim asal Merseyside itu pada dua musim terakhir ini. Terlebih, pada tahun ini, The Reds sudah dipastikan menjadi juara Liga Inggris setelah 30 tahun menanti gelar tersebut.

Dengan beberapa gelar yang sudah ia dapatkan bersama The Reds, membuatnya layak untuk naik level dengan menjadi pelatih tim nasional. Hal tersebut diungkapkan oleh mantan anak asuhnya di Borussia Dortmund.

Akan tetapi, pendapat tersebut dibantah oleh mantan gelandang Liverpool, Didi Hamann yang mengatakan bahwa Klopp masih memiliki banyak tugas untuk diselesaikan bersama klub sehingga menolak untuk tawaran melatih Timnas Jerman.

“Saya kira cukup adil mengatakan bahwa tawaran untuk menjadi pelatih timnas Jerman memang pantas untuknya, jika dirinya mau. Dia akan menajdi pilihan yang populer berkat apa yang sudah ia raih bersama Liverpool dalam beberapa musim ini,” kata Hamann dilansir dari Mirror.

“Tapi Jurgen masih cukup muda. Saya menilai, dia tengah berkembang dalam pekerjaannya bersama para pemain setiap hari. Anda bisa bilang, dia bisa mencintai itu,” tambahnya.

Hamann sendiri menabahkan bahwa posisi untuk menjadi pelatih timnas Jerman memang akan ia ambil. Namun, itu akan terjadi beberapa tahun ke depan. Sebab, menjadi pelatih internasional tidak semudah yang dibayangkan.

“Saya kira dia akan tergoda dengan kesempatan untuk menjajal sepak bola internasional, tapi masih beberapa tahun lagi. Hanya bisa berada di tempat latihan setiap tiga bulan akan menjadi sesuatu yang benar-benar gila bagi dirinya,” ujar Hamann.

Hal lain yang menjadi alasan kenapa Jurgen Klopp enggan meninggalkan Liverpool adalah keterikatan klub dan para penggemar di kota asal Merseyside sendiri. Saat ini, dirinya sudah bisa sejajar dengan sosok seperti Shankly dan Paisley.

Di sini lain, dalam lanjutan Liga Inggris, Liverpool harus puas dengan hasil pertandingan melawan Burnley dengan hanya mendapatkan satu poin karena mereka berhasil ditahan imbang. Pertandingan tersebut dilangsungkan di Anfield Stadium pada Sabtu (11/07/20) malam WIB.

Dengan hasil ini, Liverpool besar kemungkinan susah untuk memecahkan rekor 100 poin yang selama ini masih dipegang oleh Manchester City pada musim 2018/2019 saat mereka mendapatkan gelar juara kedua Liga Inggris.