Liga Inggris

2 Klub Legendaris yang Berpeluang Promosi ke Kasta Tertinggi Liga Inggris Musim Depan

Kamis, 16 Juli 2020 19:55 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Irish News
Sejumlah klub legendaris di Liga Inggris belakangan tampak memiliki peluang untuk promosi kembali ke kasta tertinggi. Copyright: © Irish News
Sejumlah klub legendaris di Liga Inggris belakangan tampak memiliki peluang untuk promosi kembali ke kasta tertinggi.

INDOSPORT. COM - Sejumlah klub legendaris di Liga Inggris belakangan tampak memiliki peluang untuk promosi kembali ke kasta tertinggi.

Keseruan pentas Liga Inggris sejatinya tak hanya berpatok kepada kompetisi kasta tertingginya saja. Persaingan sengit kerap tercipta pula di kasta kedua atau yang biasa dikenal dengan sebutan Divisi Championship.

Saat tulisan ini dibuat, hampir seluruh peserta Divisi Championship 2019/20 sudah memainkan laga pekan ke-44. Mengingat tim-tim yang menghiasi Divisi Championship berjumlah 24, berarti kompetisi tinggal menyisakan dua pekan lagi.

Menariknya, persaingan menjelang penghujung kompetisi terlihat kian seru. Khususnya dalam peta persaingan papan atas yang memperebutkan tiket promosi.

Ada tiga jatah tiket promosi yang diperebutkan. Dua jatah pertama bersifat otomatis untuk dua tim teratas klasemen, sementara satu jatah lainnya akan ditentukan memakai sistem play-off.

Skema play-off bakal mempertandingkan empat tim yang berada di peringkat tiga sampai enam. Tim yang menjuarai babak play-off ini nantinya berhak mendapatkan satu jatah tiket promosi tersisa.

Kalau melihat kondisi terkini, belum ada satupun tim yang mampu memastikan tiket promosi. Dua klub teratas jarak poinnya juga masih berpeluang dikejar oleh tim-tim di bawahnya.

INDOSPORT lantas coba mengulas nama-nama tim legendaris Liga Inggris yang berpeluang mendapatkan jatah promosi Divisi Championship tadi. Mari simak ulasannya dalam rangkuman berikut.

Leeds United

© Alex Dodd - CameraSport via Getty Images
Para pemain klub Divisi Championship Leeds United merayakan gol. Copyright: Alex Dodd - CameraSport via Getty ImagesPara pemain klub Divisi Championship Leeds United merayakan gol.

Leeds United menjadi tim Divisi Championship yang paling berpeluang mendapatkan tiket promosi. Bagaimana tidak, Leeds United kini sedang memuncaki tabel klasemen.

Leeds United bercokol di puncak berkat koleksi 84 poin. Meski begitu posisi Leeds untuk meraih tiket promosi otomatis belum benar-benar aman, karena masih bisa diganggu oleh tim peringkat tiga, Brentford, yang cuma berjarak tiga poin saja.

Namun, Leeds punya keuntungan satu tabungan pertandingan lebih banyak ketimbang Brentford. Leeds belum memainkan laga pekan ke-44 dan baru nanti malam akan bertanding kontra Barnsley.

Nama Leeds sendiri sejatinya merupakan tim legendaris Liga Inggris. Pada masa yang sangat lampau Leeds sudah berhasil mengoleksi tiga gelar kasta tertinggi Liga Inggris, masing-masing pada musim 1968/69, 1973/74, dan 1991/92.

Kiprah Leeds juga pernah menciptakan sejarah sekitar periode 1990-an sampai awal milenium. Leeds United dalam lima musim beruntun, 1997/98-2001/02, selalu berhasil menghiasi lima besar papan atas. 

Bahkan, Leeds bisa pula berbicara banyak di Eropa. Pada musim 2000/01, Leeds United mampu menembus babak semifinal Liga Champions.