Bola Internasional

Nneka Ede, Wanita Afrika Pertama yang Miliki Klub Eropa

Rabu, 22 Juli 2020 16:17 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Wikipedia
Logo Lusitano GinĂ¡sio Clube. Copyright: © Wikipedia
Logo Lusitano GinĂ¡sio Clube.

INDOSPORT.COM – Pengusaha wanita asal Nigeria, Nneka Ede menjadi wanita Afrika pertama sepanjang sejarah yang menjadi pemilik klub Eropa usai dirinya mengambil alih kepemilikan Lusitano Ginasio Clube.

Ede secara resmi berhasil mengambil alih klub yang saat ini berusia 108 tahun tersebut pada akhir bulan Juni kemarin dan secara resmi juga menahbiskan diri sebagai wanita pertama Afrika yang sukses memiliki klub Eropa.

Dalam pernyataannya seperti yang dilansir dari AS, Ede menyatakan kegembiraannya bisa menjadi pemilik Lusitano yang baru. Dirinya juga mengatakan jika hal ini akan semakin mempererat kerja sama olahraga, khususnya sepakbola antara Nigeria dan Portugal.

“Saya sangat senang bisa mendapatkan kesempatan ini. Saya berharap keberadaan saya di sini bisa meneruskan tradisi panjang Lusitano serta memberikan jalan bagi banyak talenta muda untuk berkembang dan bersinar,” ujar Ede.

Meskipun menjadi wanita pertama yang menjadi pemilik klub Eropa dengan memiliki klub Portugal ini, Ede bukanlah Warga Negara Nigeria pertama yang menjadi pemilik klub di Portugal.

Sebelumnya telah ada Kunle Soname, seorang pengusaha Nigeria yang mengambil alih kepemilikan Clube Desportivo Feirense pada tahun 2015 lalu.

Meskipun telah berusia lebih dari satu abad, Lusitano bukanlah merupakan klub dengan nama sementereng Benfica, Porto, atau Sporting Lisbon.

Mereka kebanyakan berkutat di divisi bawah meskipun sempat bermain di kasta tertinggi Liga Portugal dalam rentang waktu tahun 1952 sampai dengan tahun 1966.

Saat ini, Lusitano diketahui bermain di kasta ketiga Liga Portugal setelah sebelumnya absen di musim 2011/12 dan kembali turut serta berkompetisi di Liga Portugal musim 2013/14.