Bola Internasional

Lagi, Anggota Skuat Jerman Peraih Piala Dunia Putuskan untuk Pensiun

Sabtu, 1 Agustus 2020 11:05 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Anggota skuat Timnas Jerman kala menjadi kampiun di Piala Dunia 2014, Benedikt Howedes memutuskan untuk mengakhiri karier sepakbola profesionalnya di usianya yang masih menginjak 32 tahun.

Pensiunnya Howedes di usia yang masih relatif muda itu dilatarbelakangi oleh alasannya untuk lebih dekat dengan keluarga. Selain itu, dirinya mengakui jika dia sudah kehilangan hasrat untuk bermain sepak bola secara profesional.

“Saya baru menyadari bagaimana bahagianya anak saya ketika sedang berada dekat dengan saya. Sepak bola seakan menjadi sesuatu yang tak lagi penting untuk saya,” ujar Howedes pada Der Spiegel, Jumat (31/07/20).

Howedes menyadari hal tersebut saat dirinya sedang melakukan vakansi bersama keluarganya di suatu daerah yang terletak di Prancis selatan.

“Anak saya berusia 21 bulan saat ini dan saya ingin selalu berada di dekatnya. Saya juga merasa jika saya sudah tidak dapat menikmati sepak bola,” lanjutnya.

Howedes tercatat tampil sebanyak 44 kali bagi Timnas Jerman dan menjadi salah satu pemain kunci yang sukses mengantarkan trofi Piala Dunia tahun 2014 bagi Die Mannschaft.

Dirinya merupakan salah satu jebolan akademi Schalke 04 tersukses. Bermain di lebih dari 330 laga, Howedes sempat juga bermain untuk Juventus sebelum hengkang ke Lokomotiv Moscow, klub terakhirnya.

Sebelum memutuskan untuk pensiun, Howedes sebenarnya masih menerima beberapa tawaran untuk bermain dari beberapa klub di Eropa. Namun tampaknya keputusannya untuk meninggalkan lapangan hijau sudah bulat dan tidak lagi bisa diganggu gugat.

Dia merupakan pemain ke-7 dalam skuat Timnas Jerman yang sukses meraih Piala Dunia 2014 yang memutuskan untuk pensiun. Sebelumnya, Andre Schurrle telah lebih dulu memutuskan untuk gantung sepatu di usia yang masih menginjak 29 tahun.